Minggu, 28 November 2010

Anda Sukses

da

Produk Motivasi

Poster BW - Sebuah Prestasi

Poster BW - Sebuah Prestasi
...
Siapapun Anda, Anda Sudah Sukses Detik Ini Juga
Penulis : Ikhwan Sopa
Rating Artikel :
Sabtu, 02-Agustus-2008
Bapak, Ibu, dan Saudara yang budiman. Saya sungguh-sungguh mengatakannya. Percayalah pada Saya, Anda sudah sukses pada detik ini juga! Jika hanya sekedar sukses, Anda sudah tak perlu lagi mencarinya. Sukses itu telah bersemayam di dalam diri Anda. Itulah yang dikatakan Jennie S. Bev, "Sukses adalah Anda".

Diri Anda, dibentuk oleh karakter Anda. Karakter Anda, disusun dari berbagai perilaku Anda. Perilaku Anda, dibangun oleh berbagai kebiasaan Anda. Dan kebiasaan-kebiasaan Anda, adalah pengulangan berbagai berbagai hal. Apa sih yang selalu Anda ulangi? Pasti fenomena kesuksesan. Nggak percaya?

Apa yang akan menjadi kebiasaan Anda, adalah segala hal, tindakan, atau aktivitas yang Anda anggap sukses dan berhasil. Apa yang berhasil Anda ciptakan atau lakukan, akan mendorong Anda untuk mengulanginya. Lagi dan lagi. Sebaliknya, apa yang Anda anggap gagal atau tidak berhasil, normalnya sih tak akan Anda ulangi lagi.

Untuk sementara, mari kita lepas dulu aspek benar atau salah, dan baik atau buruk. Letakkan di luar diri Anda, dan mari ikuti Saya. Saya gunakan contoh yang ekstrem, yaitu pencuri. Apakah seorang pencuri itu sukses? Ya! Mohon maaf sebelumnya, ini sama sekali bukan mengajari Anda menjadi pencuri. Saya hanya akan menunjukkan betapa sukses itu sebenarnya melekat pada diri setiap orang.

Seorang pencuri melakukan pencurian untuk pertama kalinya. Jika ia berhasil mencuri tanpa tertangkap, akankah ia mencuri lagi? Ya, ia akan mencuri lagi. Jika tidak tertangkap lagi pada pencurian berikutnya, ia akan mencuri lagi untuk ketiga kalinya. Begitu seterusnya, sampai terbentuk kebiasaan "sukses"-nya. Terbentuklah perilaku "sukses"-nya. Terbentuklah karakter "sukses"-nya. Jadilah pencuri itu sebagai orang "sukses".

Jika suatu kali sang pencuri tertangkap polisi. Akankah ia mengulanginya lagi? Bisa ya, bisa tidak. Jika ia mengulanginya lagi, maka ia mengulangi "kegagalan". Itu namanya pencuri bodoh. Manusia yang tidak sukses.

Bagaimana dengan diri Anda yang jelas-jelas berkualifikasi lebih baik dari sekedar contoh jelek di atas? Apakah Anda terbiasa begadang sampai detik ini? Jika ya, tetap saja, Anda adalah manusia sukses. Sebab kebiasaan begadang Anda, hanya terjadi karena begadang itu sukses buat Anda. Anda begadang, dan kemudian Anda tidak merasakan efek buruknya. Anda merasa berhasil dan "sukses" begadang. Anda mengulanginya, dan terbentuklah diri "sukses" Anda.

Jika Anda terbiasa begadang, dan kemudian suatu saat jatuh sakit karenanya, Anda punya pilihan. Jika Anda berhenti atau mengurangi begadang, maka Anda akan terlahir kembali menjadi manusia "sukses" yang baru. Jika Anda tetap doyan begadang, maka Anda terjerumus menjadi manusia tidak sukses. Ndablek namanya. Gagal kok diulangi lagi.

Jika sampai detik ini Anda terbiasa telat masuk kantor setiap hari, Anda juga tetap manusia "sukses". Sebab, karakter, perilaku, dan kebiasaan itu, pasti terjadi karena Anda "sukses" melakukannya. Alias, selama ini aman-aman saja. Jika kemudian, ternyata gaji Anda dipotong sebagai konsekuensi dari terbongkarnya kebiasaan Anda, maka sekali lagi Anda punya pilihan. Berhenti atau meneruskan. Melakukan hal yang sama atau melakukan hal yang berbeda.

Jika Anda berhenti dan berubah menjadi rajin masuk kerja, maka Anda lahir kembali menjadi manusia "sukses" yang baru. Jika Anda berusaha kreatif untuk tetap telat dengan berganti "metode telat", dan itu ternyata berhasil, maka Anda akan menjadi manusia "sukses" yang baru juga. Tetap saja, Anda adalah manusia "sukses". Jika Anda teruskan dengan cara yang sama, maka sekali lagi Anda ndablek. Anda berganti menjadi manusia tidak "sukses".

Anda suka ngebut sembarangan di jalanan? Sepanjang Anda tidak celaka, Anda adalah manusia "sukses" sebagai setan jalanan. Jika Anda kemudian nyungsep ke got atau berkesempatan mencium tiang listrik, maka waspadalah, di situ akan muncul pilihan. Besok ngebut lagi dengan kesembarangan yang sama, atau lebih berhati-hati. Anda lebih berhati-hati, maka Anda berubah menjadi manusia "sukses" yang baru.Anda tetap ngebut sembarangan, Anda mungkin sudah gila. Setan jalanan yang gila dan tidak sukses.

Suka ninggalin shalat? Anda tetap sukses tuh. Sebab, konsekuensinya bisa jadi belum akan Anda terima selagi Anda hidup di dunia. Karena Anda anggap aman-aman saja, maka Anda mengidentifikasinya sebagai sebentuk kesuksesan. Kemudian, Anda akan mengulanginya menjadi kebiasaan, perilaku, dan akhirnya karakter. Karakter manusia yang "sukses" (di dunia).

Anda sebut saja. Apapun yang menjadi pilihan tindakan Anda, dan kemudian Anda kembangkan menjadi perilaku dan kebiasaan, akan selalu mencerminkan karakter sukses Anda.

Kuncinya, ada pada pilihan Anda. Pandai-pandailah memilih. Dan ingatlah bahwa apapun yang Anda pilih, akan mencerminkan "kesuksesan" Anda.

Mari kita masukkan kembali aspek benar atau salah dan baik atau buruk yang tadi kita copot sementara. Anda pilih yang mana? Hal, sikap, tindakan yang baik atau yang buruk? Yang benar atau yang salah? Dari situlah semua kesuksesan Anda dimulai. Manapun yang Anda pilih, Anda akan sukses! Waspadalah dalam memilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim kritik dan saran :