Senin, 13 Desember 2010

Unsur dalam diri manusia, jin, malaikat dan hewan

Pada tulisan sebelumnya telah diuraikan bahwa manusia ini punya jasad, akal , roh dan nafsu. Bagaimana dengan makhluk-makhluk lain di dunia? Berikut ini uraian singkatnya.

malaikat manusia jin hewan jasad roh akal nafsu
Penjelasan

* Malaikat ada roh dan akal, tapi tidak ada nafsu. Malaikat adalah mukalaf yang taat, patuh dan tidak pernah ingkar. Demikian disebutkan di At-Tahrim:6 " Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."
* Manusia ada roh , nafsu dan akal. Jika hatinya (roh) diasuh, dididik dan dibersihkan, maka akan menjadi manusia berwatak malaikat yang berwujud manusia. Jika tidak diasuh & dididik hatinya, maka akan berwatak binatang atau syaitan dengan wujud manusia.
* Jin sama dengan manusia, ada roh, nafsu dan akal, serta mukalaf.
* Hewan ada roh, ada nafsu tapi tidak ada akal, dan tidak mukalaf. Tidak ada pertanggung jawaban syariat. Bila mati jadi tanah, tidak ke syurga tidak ke neraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim kritik dan saran :