Rabu, 01 Desember 2010

KENDALI JARAK JAUH DENGAN VIRTUAL NETWORK COMPUTING (VNC)

Virtual Network Computing (VNC) adalah system sharing desktop yang menggunakan RFB Protocol untuk mengendalikan computer lain secara remote. Program ini memungkinkan kita untuk melihat dan berinteraksi dengan satu komputer (“server”) dengan menggunakan program sederhana (“viewer”) pada komputer lain, dimanapun anda berada, dalam sebuah jaringan (network)

VNC bersifat platform-independent, sebuah VNC viewer pada sebuah operating system dapat terhubung dengan VNC server pada computer dengan OS yang sama atau berbeda. Jadi, kita dapat menggunakan VNC untuk melihat computer kantor yang ber-OS Linux pada PC Windows kita di rumah.

VNC awalnya dikembangkan di Olivetti Research Laboratory di Cambridge, United Kingdom..

Saat ini sudah banyak software-software VNC, seperti Chicken of the VNC, RealVNC, TightVNC, UltraVNC, dll

Yang cukup banyak digunakan saat ini adalah RealVNC, yang terdiri dari 3 edisi :

1. Free Edition – free, open source version didistribusikan dibawah GNU General Public License; berjalan pada keluarga Unix (Linux, Solaris, HP-UX, AIX) dan beberapa versi Windows (tidak termasuk Vista atau Server 2008)
2. Personal Edition – versi komersil, dilengkapi dengan authentication dan encryption; tersedia hanya untuk Windows.
3. Enterprise Edition – versi komersil, dilengkapi dengan authentication and encryption yang lebih advance dan dengan tambahan banyak fitur; berjalan pada Windows, Mac OS X dan keluarga Linux dan UNIX.

Sebuah VNC system terdiri dari client, server dan communication protocol.

* VNC server adalah program pada computer yang mengijinkan computer tersebut untuk dikendalikan secara remote oleh computer lain. Server secara pasif mengizinkan computer lain (client) untuk mengendalikan computer tersebut.
* VNC client (atau viewer) adalah program yang mengawasi, mengontrol dan berinteraksi dengan server. Client mengendalikan server. Klien RealVNC menggunakan vncviewer yang dapat berjalan pada full-screen mode; menggunakan F8 function-key sebagai default key untuk menampilkan options menu
* VNC protocol (RFB) berdasarkan pada fungsi grafis primitive dari server ke client (“Put a rectangle of pixel data at the specified X,Y position”) dan event messages dari client ke server.

Untuk mencoba RealVNC, bisa download aplikasi versi Personal di sini. Versi ini sudah termasuk VNC Server dan Viewer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim kritik dan saran :