Minggu, 21 Maret 2010

Native Resolution LCD TIdak Tampil

MASALAH: Seorang pembaca CHIP me­­miliki monitor Samsung SyncMaster 180T dengan resolusi bawaan (native resolution) 1280x1024 yang masih bagus gambarnya. Sa­yangnya, setelah meng-up­date Vista, gra­phics card-nya jus­tru ha­nya dapat menampilkan reso­lusi 1024x768 pada layar. Solusi dengan mengganti resolusinya ke resolusi yang lebih tinggi melalui "Dis­play Properties | Settings" juga tidak memberikan hasil.


DIAGNOSIS: Diagnosis singkat menunjukkan, driver-nya telah aktual (terbaru). CHIP lalu meng-install sebuah monitor TFT standar dengan resolusi maksimal 1280x1.024. Oleh karena Windows telah memiliki drivernya, resolusi 1280x1.024 langsung tampil pada TFT. Asumsi CHIP, resolusinya akan menjadi normal (1280 x 1.024) setelah memasang kembali LCD.

Sayangnya, slider maksimum dalam "Settings" masih menunjukkan nilai 1024x768. Itu berarti masalahnya masih belum teratasi. Mengganti gra­phics card lain pun tidak mengatasinya.

SOLUSI: Monitor mengirimkan info re­so­lusi yang salah ke graphics card. Kombinasi driver terbaru (NVIDIA atau AMD/ATI) dan Vista yang tidak menginkan campur tangan penggu­na ini justru membawa masalah. Satu-satunya solusi adalah membatalkan update driver yang sebelumnya dilakukan. Ini berarti kembali ke driver graphic card lama dari Microsoft. Dengan trik sedikit "memaksa" ini masalahnya justru bisa diatasi.
Image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim kritik dan saran :