PENGUMUMAN
Nomor : BII/I-a/Kp.00.3/15774/2010
TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA
TAHUN 2010
Kementerian Agama Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dengan ketentuan dan persyaratan sebagai berikut :
I. CARA MENDAFTAR
1. Pendaftaran CPNS dilaksanakan berdasarkan domisili KTP setempat untuk pelamar pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN), Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN), Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN), dan Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN), kecuali pelamar pada Unit Eselon I Pusat, Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
2. Pengumuman dan pendaftaran CPNS di lingkungan Kementerian Agama secara on-line melalui internet/website dengan alamat www.kemenag.go.id dengan subdomain cpns.kemenag.go.id.
3. Bagi pelamar yang kesulitan menggunakan aplikasi internet/website dapat melakukan pendaftaran/registrasi yang ditujukan langsung kepada panitia pengadaan CPNS masing-masing melalui kantor pos tanpa melampirkan print out entry data pendaftaran.
4. Lamaran ditulis oleh tangan sendiri dengan tinta hitam dan ditandatangani oleh pelamar disertai dengan:
1. Print out entry data pendaftar;
2. Foto copy sah ijazah yang telah dilegalisir sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan;
3. Pas photo ukuran 4 x 6 cm sebanyak dua lembar;
4. Foto copy KTP yang masih berlaku.
5. Surat lamaran dikirim melalui jasa pos, ditujukan kepada panitia Panitia Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS Pusat/Panitia Pengadaan CPNS Unit Eselon I/Panitia Pengadaan CPNS Daerah dan stempel pos terakhir tanggal 3 November 2010;
6. Pelamar wajib melampirkan amplop balasan yang telah ditempel perangko kilat dengan menuliskan nama dan alamat serta kode pos, bagi pelamar yang tidak melampirkan amplop balasan dinyatakan gugur sebagai peserta.
7. Pada amplop lamaran agar dicantumkan satuan kerja yang dituju dan pekerjaan yang dilamar pada sudut kiri atas contoh terlampir.
8. Lamaran dibuat menurut contoh terlampir. (Download dokumen)
II. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia;
2. Berusia serendah-rendahnya 18 Tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun (pada tanggal 1 Januari 2011).
3. Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 Tahun sampai dengan 40 Tahun agar melampirkan bukti wiyata bakti sampai dengan tanggal 1 Januari 2011 minimal 13 Tahun 9 bulan secara terus menerus dan tidak terputus pada instansi pemerintah atau yayasan yang berbadan hukum;
4. Bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang belum terakreditasi sebelum berlakunya Keputusan Mendiknas Nomor 184/U/2001 tanggal 23 November 2001 harus sudah disahkan oleh Kopertis /Kopertais;
5. Bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri atau Lembaga Pendidikan Luar Negeri, harus melampirkan Surat Keputusan Penetapan dan Penyetaraan hasil penilaian ijazah lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dari Ditjen Pendidikan Tinggi /Ditjen Pendidikan Agama Islam;
6. Foto copy ijazah Universitas /Institut dilegalisir oleh Rektor, Dekan atau Pembantu Dekan Bidang Akademik, sedangkan foto copy ijazah Sekolah Tinggi dilegalisir Ketua atau Pembantu Ketua Bidang Akademik;
7. Tanggal penetapan ijazah harus sebelum tanggal pelamaran, sedangkan surat keterangan atau pernyataan lulus tidak diperkenankan;
8. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap;
9. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil /PegawaiSwasta;
10. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri /Pegawai Negeri;
11. Bersedia ditempatkan di seluruh Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;
12. Tidak menjadi anggota /pengurus PARPOL;
13. Bersedia memenuhi peraturan /ketentuan yang berlaku dalam lingkungan Kementerian Agama.
III. WAKTU PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran pelamar melalui website/internet tanggal 25 Oktober 2010 sampai dengan tanggal 3 November 2010.
IV. KETENTUAN LAIN
1. Penerimaan pendaftaran dilaksanakan pada unit kerja sebagai berikut :
1. Sekretariat Jenderal
2. Inspektorat Jenderal
3. Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah
4. Ditjen Pendidikan Islam
5. Ditjen Bimas Islam
6. Ditjen Bimas Kristen
7. Ditjen Bimas Katolik
8. Ditjen Bimas Hindu
9. Ditjen Bimas Buddha
10. Badan Litbang dan Diklat
11. Kanwil Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia
12. Universitas Islam Negeri (UIN) seluruh Indonesia
13. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) seluruh Indonesia
14. Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar
15. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) seluruh Indonesia
16. Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN)
17. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN)
18. Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN)
Jakarta, 22 Oktober 2010
PANITIA PENGADAAN CPNS
KEMENTERIAN AGAMA RI
K E T U A,
..............................................
Langkah pasti meraih prestasi dan unggul dalam financial dan kebebasan financial
Rabu, 27 Oktober 2010
BADAN PUSAT STATISTIK PENGUMUMAN NOMOR: 02310.345 SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN PUSAT STATISTIK TAHUN ANGGARAN 2010
Jadwal : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Jadwal.pdf
Formasi : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/00%20Pusat.pdf
Alamat : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Alamat.pdf
Formulir : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Formdaftar.pdf
Surat Pernyataan : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Super.pdf
Wilayah : http://www.bps.go.id/aboutus.php?cpns=1
Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Nomor 281 Tahun 2010 tanggal 11 Oktober 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil
Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun Anggaran 2010, BPS membuka kesempatan bagi Warga
Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di
lingkungan BPS dengan ketentuan sebagai berikut:
I. PERSYARATAN UMUM:
1. Warga Negara Republik Indonesia.
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang
telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana
kejahatan.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak
dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional
Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai
pegawai swasta.
6. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara
Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara.
7. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
8. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari
Kepolisian setempat.
9. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikannnya (jenjang dan jurusan) yang sesuai
dengan lowongan formasi jabatan.
10. Sehat jasmani dan rohani serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika,
psikotropika, dan zat adiktif lainnya yang dinyatakan dengan Surat Keterangan oleh
Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
2
II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Pada tanggal 1 Desember 2010, berusia minimal 19 tahun dan maksimal:
• 25 tahun untuk lulusan SMA
• 30 tahun untuk lulusan D-III, dan
• 35 tahun untuk lulusan S1
2. Waktu melamar telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi
Swasta yang terakreditasi A atau B. Apabila dalam ijazah tersebut tidak disebutkan
akreditasi maka perlu dilampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi bersangkutan
yang menyebutkan akreditasinya.
3. Untuk lulusan D-III dan S-1, batas minimal IPK: 2,50 dari skala 4,00 dan untuk lulusan
SMA/SMU Jurusan IPA batas minimal nilai rata-rata ijazah/STTB adalah 6,50 serta
memiliki sertifikat kursus komputer.
4. Bersedia ditempatkan di wilayah provinsi tempat mendaftar.
5. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh
lima juta) rupiah, apabila:
a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi
mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5
(lima) tahun.
III. KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIBUTUHKAN BERDASARKAN LOKASI
MENDAFTAR:
1. BPS Pusat :
(dapat dilihat pada lampiran 1)
2. BPS Provinsi:
(dapat dilihat pada lampiran 2)
IV. WAKTU, TEMPAT DAN CARA MELAMAR
1. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010 dan Waktu
Penyampaian Lamaran
a. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010
(dapat dilihat pada lampiran 3)
b. Waktu Penyampaian Lamaran:
Tanggal 25 Oktober s.d. 5 November 2010 (Cap Pos)
3
2. Alamat Pengiriman Lamaran
a. Untuk pelamar di BPS Pusat, berkas lamaran disampaikan melalui Pos ditujukan
kepada Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010. Pada sudut kiri atas amplop ditulis:
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Nama dan kode jabatan
Dengan alamat lengkap sebagai berikut :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala Biro Kepegawaian Badan Pusat Statistik
Kotak Pos 1003 Jakarta 10710
b. Untuk pelamar di BPS Provinsi, berkas lamaran dapat disampaikan melalui pos
ke alamat BPS Provinsi masing-masing di Seluruh Indonesia, kecuali BPS
Provinsi DKI Jakarta (alamat terlampir pada lampiran 4). Tempat ujian sesuai
dengan alamat pengiriman berkas lamaran.
Bagi Pelamar yang menyampaikan lamaran ke BPS Provinsi ditujukan :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala BPS Provinsi ...............................
Jln ...............................
di
...........................................
Pada sudut kiri atas amplop ditulis:
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Nama dan kode jabatan
dan untuk pelamar jabatan KSK dan Statistisi agar mencantumkan pula kode
pilihan penempatan
contoh
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Jabatan : KSK (16)
Kode Pilihan : 01
c. Khusus bagi pelamar di Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, NTT, Papua
dan Papua Barat, selain ke BPS Provinsi, berkas lamaran dapat pula
disampaikan melalui pos ke alamat BPS kabupaten seperti tersebut di bawah ini
(Tempat ujian sesuai dengan alamat pengiriman berkas lamaran) :
4
No. Provinsi Alternatif Tempat
Pendaftaran
Alamat
1 2 3 4
1 Sumatera Utara BPS Kab. Nias Jln. Ampera No.3 Desa Mudik,
Gunung Sitoli 22813
Tlp. (0639) 323341
2 Kep. Riau BPS Kab. Natuna Jln. Pramuka No. 41 Batu Hitam
Ranai, Natuna 29783
Tlp. (0773) 31370
3 NTT BPS Kab. Ende Jln. Eltari Ende 86318
Tlp. (0381) 21335
4 Maluku BPS Kab. Kep. Aru Jln. Rabia Djala Dobo
Tlp. (0917) 21606
5
Papua BPS Kab. Jayawijaya Jln. Diponegoro No. 25, Wamena,
Papua 99511
Tlp. (0969)31253
6 Papua Barat BPS Kab. Sorong Jln. Basuki Rahmat km. 13,5,
Klasaman, Sorong
Telp. (0951) 321072
Bagi Pelamar yang menyampaikan lamaran ke BPS Kabupaten/Kota tersebut di
atas, lamaran ditujukan :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala BPS Kabupaten ...............................
Jln ...............................
di
...........................................
3. Cara Melamar:
a. Setiap pelamar harus menyebutkan dalam surat lamarannya formasi jabatan
yang dilamar, misalnya : “Koordinator Statistik Kecamatan (KSK)”, “Sekretaris”,
“Auditor” dll beserta kode jabatan pada lampiran 1 dan 2 kolom (6).
b. Untuk jabatan KSK dan Statistisi, diminta mencatumkan kode pilihan lokasi
penempatan kerja sebagaimana tercantum pada lampiran 1 dan 2 kolom (7).
c. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh
pelamar dengan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (enam ribu rupiah) yang ditujukan
kepada:
Yth. Kepala Badan Pusat Statistik
Dengan dilampiri:
• Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
• Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir;
5
• Fotocopy Ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir oleh pejabat yang
berwenang;
• Pasfoto terbaru berwarna dengan latar belakang biru ukuran 3 X 4 sebanyak 4
lembar;
• Kartu Tanda Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja (Kartu Kuning);
• Formullir Pendaftaran yang telah diisi sebagaimana terlampir pada lampiran 5
• Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) sebagaimana
contoh pada lampiran 6
V. TAHAP PENYARINGAN
1. Saringan Tahap I
Saringan Tahap I berupa seleksi administrasi. Pengumuman hasil seleksi administrasi
serta waktu dan tempat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) akan
diumumkan pada tanggal 12 November 2010 :
�� Bagi pelamar di BPS Pusat dapat dilihat melalui Website BPS;
�� Bagi pelamar di BPS Provinsi dapat dilihat di BPS tempat melamar.
2. Saringan Tahap II
Saringan Tahap II berupa ujian tulis akan dilaksanakan pada hari Minggu Tanggal
21 November 2010 di BPS Pusat/(masing-masing tempat melamar) dan/atau tempat
lainnya yang disediakan panitia, dengan jadwal sebagai berikut:
No. Materi Waktu Setempat
1. Tes Kompetensi Dasar (Pengetahuan Umum, Bakat
Skolastik dan Skala Kematangan) 08.00 –10.00
2. Test Kompetensi Bidang 10.00 – 11.30
Peserta harus membawa perlengkapan ujian sebagai berikut:
�� Pensil 2B (asli)
�� Penghapus karet
�� Peruncing pensil (rautan)
�� Papan Alas Menulis
�� Ballpoint tinta hitam.
Hasil seleksi tahap II akan diumumkan pada tanggal 30 November 2010
3. Saringan Tahap III
Wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 10 Desember 2010
4. Pengumuman
Hasil seleksi CPNS akan diiumumkan pada tanggal 21 Desember 2010 melalui
website BPS ( www.bps.go.id.)
VI. LAIN-LAIN
1. Panitia penerimaan berhak menyatakan seseorang calon tidak diterima/
dibatalkan/digugurkan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil walaupun telah lulus ujian,
6
apabila di kemudian hari diketahui bahwa, terdapat persyaratan pada klausul di atas
yang ternyata tidak benar/tidak sah.
2. Diingatkan bagi yang tidak memenuhi persyaratan untuk tidak melamar.
3. Bagi yang telah mengirim lamaran sebelum pengumuman ini dibuat, dinyatakan tidak
berlaku (agar mengirimkan lamaran ulang).
4. Proses seleksi ini tidak dipungut biaya. Biaya yang dikeluarkan oleh peserta ujian dalam
rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian saringan menjadi tanggungan pelamar.
5. Berkas pelamar yang masuk ke panitia menjadi arsip Badan Pusat Statistik dan tidak
dapat diminta kembali oleh pelamar.
6. Selain surat lamaran, dalam hubungan dengan penerimaan CPNS, pihak peserta tidak
diperkenankan melakukan surat menyurat.
7. Keputusan panitia penerimaan CPSN BPS Tahun Anggaran 2010 bersifat mutlak dan
tidak dapat diganggugugat
8. Apabila dalam penyelenggaraan seleksi ditemukan pelanggaran, agar segera
dilaporkan, disertai dengan bukti-bukti otentik yang dapat dipertanggungjawabkan baik
secara yuridis maupun administratif kepada Badan Pusat Statistik melalui telepon (021)
3810291-4, 3842508, 3841195 Ext. 2310-2 (Fax) (021) 3863817, atau melalui telepon
BPS di seluruh Indonesia.
9. Formasi KSK diprioritaskan untuk pelamar laki-laki.
10. Panitia tidak memungut biaya apa pun selama proses penerimaan pegawai ini
berlangsung. Bagi yang pelamar yang lulus namun terbukti memberikan sesuatu kepada
Panitia CPNS BPS Tahun 2010, dalam rangka mempermudah kelulusan, akan diberikan
sanksi berupa pembatalan kelulusan tersebut.
Jakarta, 18 Oktober 2010
PERHATIAN !
Diingatkan kepada para pelamar agar berhati-hati terhadap oknum yang menjanjikan
kelulusan dengan imbalan sejumlah uang.
Bila anda menemukan oknum tersebut, harap menghubungi panitia penerimaan CPNS BPS Tahun
2010 baik melalui surat atau telepon ke No. 021 3810291-6 Ext 2300 atau 2310
Formasi : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/00%20Pusat.pdf
Alamat : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Alamat.pdf
Formulir : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Formdaftar.pdf
Surat Pernyataan : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Super.pdf
Wilayah : http://www.bps.go.id/aboutus.php?cpns=1
Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Nomor 281 Tahun 2010 tanggal 11 Oktober 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil
Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun Anggaran 2010, BPS membuka kesempatan bagi Warga
Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di
lingkungan BPS dengan ketentuan sebagai berikut:
I. PERSYARATAN UMUM:
1. Warga Negara Republik Indonesia.
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang
telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana
kejahatan.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak
dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional
Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai
pegawai swasta.
6. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara
Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara.
7. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
8. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari
Kepolisian setempat.
9. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikannnya (jenjang dan jurusan) yang sesuai
dengan lowongan formasi jabatan.
10. Sehat jasmani dan rohani serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika,
psikotropika, dan zat adiktif lainnya yang dinyatakan dengan Surat Keterangan oleh
Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
2
II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Pada tanggal 1 Desember 2010, berusia minimal 19 tahun dan maksimal:
• 25 tahun untuk lulusan SMA
• 30 tahun untuk lulusan D-III, dan
• 35 tahun untuk lulusan S1
2. Waktu melamar telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi
Swasta yang terakreditasi A atau B. Apabila dalam ijazah tersebut tidak disebutkan
akreditasi maka perlu dilampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi bersangkutan
yang menyebutkan akreditasinya.
3. Untuk lulusan D-III dan S-1, batas minimal IPK: 2,50 dari skala 4,00 dan untuk lulusan
SMA/SMU Jurusan IPA batas minimal nilai rata-rata ijazah/STTB adalah 6,50 serta
memiliki sertifikat kursus komputer.
4. Bersedia ditempatkan di wilayah provinsi tempat mendaftar.
5. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh
lima juta) rupiah, apabila:
a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi
mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5
(lima) tahun.
III. KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIBUTUHKAN BERDASARKAN LOKASI
MENDAFTAR:
1. BPS Pusat :
(dapat dilihat pada lampiran 1)
2. BPS Provinsi:
(dapat dilihat pada lampiran 2)
IV. WAKTU, TEMPAT DAN CARA MELAMAR
1. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010 dan Waktu
Penyampaian Lamaran
a. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010
(dapat dilihat pada lampiran 3)
b. Waktu Penyampaian Lamaran:
Tanggal 25 Oktober s.d. 5 November 2010 (Cap Pos)
3
2. Alamat Pengiriman Lamaran
a. Untuk pelamar di BPS Pusat, berkas lamaran disampaikan melalui Pos ditujukan
kepada Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010. Pada sudut kiri atas amplop ditulis:
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Nama dan kode jabatan
Dengan alamat lengkap sebagai berikut :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala Biro Kepegawaian Badan Pusat Statistik
Kotak Pos 1003 Jakarta 10710
b. Untuk pelamar di BPS Provinsi, berkas lamaran dapat disampaikan melalui pos
ke alamat BPS Provinsi masing-masing di Seluruh Indonesia, kecuali BPS
Provinsi DKI Jakarta (alamat terlampir pada lampiran 4). Tempat ujian sesuai
dengan alamat pengiriman berkas lamaran.
Bagi Pelamar yang menyampaikan lamaran ke BPS Provinsi ditujukan :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala BPS Provinsi ...............................
Jln ...............................
di
...........................................
Pada sudut kiri atas amplop ditulis:
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Nama dan kode jabatan
dan untuk pelamar jabatan KSK dan Statistisi agar mencantumkan pula kode
pilihan penempatan
contoh
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Jabatan : KSK (16)
Kode Pilihan : 01
c. Khusus bagi pelamar di Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, NTT, Papua
dan Papua Barat, selain ke BPS Provinsi, berkas lamaran dapat pula
disampaikan melalui pos ke alamat BPS kabupaten seperti tersebut di bawah ini
(Tempat ujian sesuai dengan alamat pengiriman berkas lamaran) :
4
No. Provinsi Alternatif Tempat
Pendaftaran
Alamat
1 2 3 4
1 Sumatera Utara BPS Kab. Nias Jln. Ampera No.3 Desa Mudik,
Gunung Sitoli 22813
Tlp. (0639) 323341
2 Kep. Riau BPS Kab. Natuna Jln. Pramuka No. 41 Batu Hitam
Ranai, Natuna 29783
Tlp. (0773) 31370
3 NTT BPS Kab. Ende Jln. Eltari Ende 86318
Tlp. (0381) 21335
4 Maluku BPS Kab. Kep. Aru Jln. Rabia Djala Dobo
Tlp. (0917) 21606
5
Papua BPS Kab. Jayawijaya Jln. Diponegoro No. 25, Wamena,
Papua 99511
Tlp. (0969)31253
6 Papua Barat BPS Kab. Sorong Jln. Basuki Rahmat km. 13,5,
Klasaman, Sorong
Telp. (0951) 321072
Bagi Pelamar yang menyampaikan lamaran ke BPS Kabupaten/Kota tersebut di
atas, lamaran ditujukan :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala BPS Kabupaten ...............................
Jln ...............................
di
...........................................
3. Cara Melamar:
a. Setiap pelamar harus menyebutkan dalam surat lamarannya formasi jabatan
yang dilamar, misalnya : “Koordinator Statistik Kecamatan (KSK)”, “Sekretaris”,
“Auditor” dll beserta kode jabatan pada lampiran 1 dan 2 kolom (6).
b. Untuk jabatan KSK dan Statistisi, diminta mencatumkan kode pilihan lokasi
penempatan kerja sebagaimana tercantum pada lampiran 1 dan 2 kolom (7).
c. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh
pelamar dengan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (enam ribu rupiah) yang ditujukan
kepada:
Yth. Kepala Badan Pusat Statistik
Dengan dilampiri:
• Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
• Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir;
5
• Fotocopy Ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir oleh pejabat yang
berwenang;
• Pasfoto terbaru berwarna dengan latar belakang biru ukuran 3 X 4 sebanyak 4
lembar;
• Kartu Tanda Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja (Kartu Kuning);
• Formullir Pendaftaran yang telah diisi sebagaimana terlampir pada lampiran 5
• Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) sebagaimana
contoh pada lampiran 6
V. TAHAP PENYARINGAN
1. Saringan Tahap I
Saringan Tahap I berupa seleksi administrasi. Pengumuman hasil seleksi administrasi
serta waktu dan tempat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) akan
diumumkan pada tanggal 12 November 2010 :
�� Bagi pelamar di BPS Pusat dapat dilihat melalui Website BPS;
�� Bagi pelamar di BPS Provinsi dapat dilihat di BPS tempat melamar.
2. Saringan Tahap II
Saringan Tahap II berupa ujian tulis akan dilaksanakan pada hari Minggu Tanggal
21 November 2010 di BPS Pusat/(masing-masing tempat melamar) dan/atau tempat
lainnya yang disediakan panitia, dengan jadwal sebagai berikut:
No. Materi Waktu Setempat
1. Tes Kompetensi Dasar (Pengetahuan Umum, Bakat
Skolastik dan Skala Kematangan) 08.00 –10.00
2. Test Kompetensi Bidang 10.00 – 11.30
Peserta harus membawa perlengkapan ujian sebagai berikut:
�� Pensil 2B (asli)
�� Penghapus karet
�� Peruncing pensil (rautan)
�� Papan Alas Menulis
�� Ballpoint tinta hitam.
Hasil seleksi tahap II akan diumumkan pada tanggal 30 November 2010
3. Saringan Tahap III
Wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 10 Desember 2010
4. Pengumuman
Hasil seleksi CPNS akan diiumumkan pada tanggal 21 Desember 2010 melalui
website BPS ( www.bps.go.id.)
VI. LAIN-LAIN
1. Panitia penerimaan berhak menyatakan seseorang calon tidak diterima/
dibatalkan/digugurkan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil walaupun telah lulus ujian,
6
apabila di kemudian hari diketahui bahwa, terdapat persyaratan pada klausul di atas
yang ternyata tidak benar/tidak sah.
2. Diingatkan bagi yang tidak memenuhi persyaratan untuk tidak melamar.
3. Bagi yang telah mengirim lamaran sebelum pengumuman ini dibuat, dinyatakan tidak
berlaku (agar mengirimkan lamaran ulang).
4. Proses seleksi ini tidak dipungut biaya. Biaya yang dikeluarkan oleh peserta ujian dalam
rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian saringan menjadi tanggungan pelamar.
5. Berkas pelamar yang masuk ke panitia menjadi arsip Badan Pusat Statistik dan tidak
dapat diminta kembali oleh pelamar.
6. Selain surat lamaran, dalam hubungan dengan penerimaan CPNS, pihak peserta tidak
diperkenankan melakukan surat menyurat.
7. Keputusan panitia penerimaan CPSN BPS Tahun Anggaran 2010 bersifat mutlak dan
tidak dapat diganggugugat
8. Apabila dalam penyelenggaraan seleksi ditemukan pelanggaran, agar segera
dilaporkan, disertai dengan bukti-bukti otentik yang dapat dipertanggungjawabkan baik
secara yuridis maupun administratif kepada Badan Pusat Statistik melalui telepon (021)
3810291-4, 3842508, 3841195 Ext. 2310-2 (Fax) (021) 3863817, atau melalui telepon
BPS di seluruh Indonesia.
9. Formasi KSK diprioritaskan untuk pelamar laki-laki.
10. Panitia tidak memungut biaya apa pun selama proses penerimaan pegawai ini
berlangsung. Bagi yang pelamar yang lulus namun terbukti memberikan sesuatu kepada
Panitia CPNS BPS Tahun 2010, dalam rangka mempermudah kelulusan, akan diberikan
sanksi berupa pembatalan kelulusan tersebut.
Jakarta, 18 Oktober 2010
PERHATIAN !
Diingatkan kepada para pelamar agar berhati-hati terhadap oknum yang menjanjikan
kelulusan dengan imbalan sejumlah uang.
Bila anda menemukan oknum tersebut, harap menghubungi panitia penerimaan CPNS BPS Tahun
2010 baik melalui surat atau telepon ke No. 021 3810291-6 Ext 2300 atau 2310
Senin, 04 Oktober 2010
PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI TAHUN 2010
PENGUMUMAN
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI
TAHUN 2010
I. PERSYARATAN UMUM :
1. Warga Negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik.
6. Bersedia ditempatkan di DKI Jakarta.
7. Memenuhi jenjang pendidikan dan kualifikasi pendidikan yang ditetapkan.
II. PERSYARATAN KHUSUS :
1. Berijazah Diploma/Sarjana Muda (D III), Sarjana (S1), dan Magister (S2) sesuai formasi yang ditetapkan (terlampir).
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum:
* DIII : 2,70 (PT. Negeri) – 3,00 (PT. Swasta)
* S1 : 2,80 (PT. Negeri) – 3,00 (PT. Swasta)
* S2 : 3,10 (PT. Negeri) – 3,30 (PT. Swasta)
3. Batasan Usia Maksimum:
* D III : 25 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 (lahir setelah 30 November 1985)
* S1 : 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 (lahir setelah 30 November 1982)
* S2 : 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 (lahir setelah 30 November 1975)
III. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran/registrasi online mulai dibuka tanggal 1 Oktober 2010 .dan ditutup pada tanggal 18 Oktober 2010 jam 17.00 WIB, melalui situs http://sdm.ristek.go.id/cpns.
2. Pelamar yang telah memiliki ID dan Password wajib melakukan pengisian LAMARAN. Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pelamar. Untuk mengurangi kesalahan, pelamar dihimbau untuk mempersiapkan seluruh data dan dokumen pendukung yang diperlukan. Dalam proses verifikasi, Panitia tidak dapat melakukan perubahan pada isian Anda. Ketidaksesuaian antara isian dengan berkas lamaran yang diunggah akan berakibat pada gagalnya lamaran.
Data yang harus disiapkan :
* Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
* Nomor Ijasah pendidikan terakhir dan Tahun Kelulusan.
* Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pendidikan terakhir.
* Pasfoto berwarna digital background merah berukuran maksimal 15 kb.
* Hasil scan ijazah pendidikan terakhir berukuran maksimal 100kb.
* Hasil scan transkrip nilai pendidikan terakhir berukuran maksimal 100kb.
* Alamat email aktif yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. (Informasi khusus akan disampaikan melalui email)
* Untuk pelamar lulusan dari luar negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Akreditasi dari Dikti Kemdiknas.
3. Pengumuman Seleksi Administrasi dan pemanggilan Pelamar yang dinyatakan lulus untuk mengikuti Tes Tulis akan dimumkan melalui website http://sdm.ristek.go.id/cpns.
IV. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
1. Seleksi Administrasi
Pada seleksi admisnistrasi akan dilakukan pemeringkatan untuk menentukan pelamar yang dipanggil untuk mengikuti ujian tulis sampai sebanyak lebih kurang 15 kali jumlah formasi. Sehingga tidak semua pelamar dengan IPK diatas IPK minimum akan dipanggil untuk mengikuti ujian tulis.
1.1. Hanya Pelamar yang telah melakukan registrasi online dan memenuhi seluruh persyaratan untuk melamar/persyaratan pendaftaran, yang akan dinyatakan lulus dalam tahapan Seleksi Administrasi. Hasil Seleksi Administrasi dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 21 Oktober 2010 melalui situs http://sdm.ristek.go.id/cpns.
1.2. Pelamar yang telah dinyatakan lulus tahapan Seleksi Administrasi diwajibkan untuk mengambil sendiri Kartu Tanda Peserta Ujian dengan menunjukkan kartu identitas diri, Legalisir sah Ijazah dan Transkrip Nilai sesuai Bidang Pendidikan yang dilamar. Apabila Pelamar mewakilkan pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian kepada pihak ketiga, maka diperlukan Surat Kuasa bermaterai dengan menunjukkan kartu identitas diri Pelamar dan Penerima Kuasa, serta menyertakan fotokopi kartu identitas dimaksud.
1.3. Jadwal dan Tempat Pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian akan diumumkan melalui situs http://sdm.ristek.go.id/cpns.
2. Tes Tertulis (Bahan Ujian sudah terangkum lengkap dalam PAKET LKIT)
Tes Tertulis terdiri dari :
A. Tes Kompetensi Dasar (TKD) (Silakan pelajari Paket LKIT)
Tes Pengetahuan Umum (TPU)
Tes Bakat Skolastik (TBS)
Tes Skala Kematangan (TSK)
B. Tes Kompetensi Bidang (TKB) (Silakan pelajari Paket LKIT)
Hanya Pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi yang akan dipanggil untuk mengikuti Tes Tertulis.
Tes Tertulis dijadwalkan akan dilaksanakan pada:
Hari : Selasa, 26 Oktober 2010
Waktu : Pkl. 08.30 – 13.00 WIB
Tempat : Istora– Senayan
Peralatan yang harus dibawa :
· Kartu Tanda Peserta Ujian
· Pensil 2 B
· Penghapus Pensil
· Papan Alas Untuk Menulis
3. Tes Minat dan Bakat (Talent mapping)
Tes minat dan bakat akan diadakan sebelum tes wawancara, dan setiap pelamar yang dinyatakan lulus tes tertulis (perbandingan formasi jabatan yang ditawarkan terhadap jumlah yang lulus yakni 1:3) diwajibkan mengikutinya. Adapun jadwal dan tempat pelaksanaan akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil ujian tertulis melaluiwebsite http://sdm.ristek.go.id/cpns
Peralatan yang harus dibawa :
· Kartu Tanda Peserta Ujian
· Pensil 2 B
· Penghapus Pensil
· Papan Alas Untuk Menulis
4. Wawancara
Wawancara merupakan tahap terakhir dari seleksi. Hanya Pelamar yang dinyatakan Lulus Tes Tertulis dan mengikuti tes talent mapping yang akan dipanggil untuk mengikuti Wawancara.
Catatan :
1. Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari pelamar.
2. Lamaran yang diajukan sebelum pengumuman ini dibuat dinyatakan tidak berlaku.
3. Pelamar yang tidak menyampaikan surat lamaran beserta kelengkapannya, setelah dinyatakan lulus ujian CPNS sampai dengan batas waktu yang ditentukan, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri dan dinyatakan batal. Kementerian Riset dan Teknologi akan memanggil Pelamar yang menempati peringkat selanjutnya untuk Formasi jabatan tersebut.
4. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS dilingkungan Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Riset dan Teknologi berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS dilingkungan Kementerian Riset dan Teknologi dan melaporkan sebagai tindak pidana di Pengadilan Negeri, karena telahmemberikan keterangan palsu.
5. Biaya transportasi & akomodasi selama seleksi ditanggung peserta dan antara Panitia dan pelamar tidak diadakan surat menyurat.
6. Informasi resmi yang terkait dengan Penerimaan CPNS KRT 2010 hanya dapat dilihat dalam situs http://sdm.ristek.go.id/cpns/atau http://www.ristek.go.id.
7. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Hal-hal lain yang belum diatur akan ditetapkan dan diumumkan kemudian. Pelamar wajib tunduk dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan.
Jakarta, September 2010
ttd.
PANITIA PENERIMAAN CPNS KRT
Tahun 2010
Info Lain:
* FORMASI JABATAN
* Registrasi Online
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI
TAHUN 2010
I. PERSYARATAN UMUM :
1. Warga Negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik.
6. Bersedia ditempatkan di DKI Jakarta.
7. Memenuhi jenjang pendidikan dan kualifikasi pendidikan yang ditetapkan.
II. PERSYARATAN KHUSUS :
1. Berijazah Diploma/Sarjana Muda (D III), Sarjana (S1), dan Magister (S2) sesuai formasi yang ditetapkan (terlampir).
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum:
* DIII : 2,70 (PT. Negeri) – 3,00 (PT. Swasta)
* S1 : 2,80 (PT. Negeri) – 3,00 (PT. Swasta)
* S2 : 3,10 (PT. Negeri) – 3,30 (PT. Swasta)
3. Batasan Usia Maksimum:
* D III : 25 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 (lahir setelah 30 November 1985)
* S1 : 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 (lahir setelah 30 November 1982)
* S2 : 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 (lahir setelah 30 November 1975)
III. PENDAFTARAN
1. Pendaftaran/registrasi online mulai dibuka tanggal 1 Oktober 2010 .dan ditutup pada tanggal 18 Oktober 2010 jam 17.00 WIB, melalui situs http://sdm.ristek.go.id/cpns.
2. Pelamar yang telah memiliki ID dan Password wajib melakukan pengisian LAMARAN. Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pelamar. Untuk mengurangi kesalahan, pelamar dihimbau untuk mempersiapkan seluruh data dan dokumen pendukung yang diperlukan. Dalam proses verifikasi, Panitia tidak dapat melakukan perubahan pada isian Anda. Ketidaksesuaian antara isian dengan berkas lamaran yang diunggah akan berakibat pada gagalnya lamaran.
Data yang harus disiapkan :
* Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
* Nomor Ijasah pendidikan terakhir dan Tahun Kelulusan.
* Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pendidikan terakhir.
* Pasfoto berwarna digital background merah berukuran maksimal 15 kb.
* Hasil scan ijazah pendidikan terakhir berukuran maksimal 100kb.
* Hasil scan transkrip nilai pendidikan terakhir berukuran maksimal 100kb.
* Alamat email aktif yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. (Informasi khusus akan disampaikan melalui email)
* Untuk pelamar lulusan dari luar negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Akreditasi dari Dikti Kemdiknas.
3. Pengumuman Seleksi Administrasi dan pemanggilan Pelamar yang dinyatakan lulus untuk mengikuti Tes Tulis akan dimumkan melalui website http://sdm.ristek.go.id/cpns.
IV. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
1. Seleksi Administrasi
Pada seleksi admisnistrasi akan dilakukan pemeringkatan untuk menentukan pelamar yang dipanggil untuk mengikuti ujian tulis sampai sebanyak lebih kurang 15 kali jumlah formasi. Sehingga tidak semua pelamar dengan IPK diatas IPK minimum akan dipanggil untuk mengikuti ujian tulis.
1.1. Hanya Pelamar yang telah melakukan registrasi online dan memenuhi seluruh persyaratan untuk melamar/persyaratan pendaftaran, yang akan dinyatakan lulus dalam tahapan Seleksi Administrasi. Hasil Seleksi Administrasi dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 21 Oktober 2010 melalui situs http://sdm.ristek.go.id/cpns.
1.2. Pelamar yang telah dinyatakan lulus tahapan Seleksi Administrasi diwajibkan untuk mengambil sendiri Kartu Tanda Peserta Ujian dengan menunjukkan kartu identitas diri, Legalisir sah Ijazah dan Transkrip Nilai sesuai Bidang Pendidikan yang dilamar. Apabila Pelamar mewakilkan pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian kepada pihak ketiga, maka diperlukan Surat Kuasa bermaterai dengan menunjukkan kartu identitas diri Pelamar dan Penerima Kuasa, serta menyertakan fotokopi kartu identitas dimaksud.
1.3. Jadwal dan Tempat Pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian akan diumumkan melalui situs http://sdm.ristek.go.id/cpns.
2. Tes Tertulis (Bahan Ujian sudah terangkum lengkap dalam PAKET LKIT)
Tes Tertulis terdiri dari :
A. Tes Kompetensi Dasar (TKD) (Silakan pelajari Paket LKIT)
Tes Pengetahuan Umum (TPU)
Tes Bakat Skolastik (TBS)
Tes Skala Kematangan (TSK)
B. Tes Kompetensi Bidang (TKB) (Silakan pelajari Paket LKIT)
Hanya Pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi yang akan dipanggil untuk mengikuti Tes Tertulis.
Tes Tertulis dijadwalkan akan dilaksanakan pada:
Hari : Selasa, 26 Oktober 2010
Waktu : Pkl. 08.30 – 13.00 WIB
Tempat : Istora– Senayan
Peralatan yang harus dibawa :
· Kartu Tanda Peserta Ujian
· Pensil 2 B
· Penghapus Pensil
· Papan Alas Untuk Menulis
3. Tes Minat dan Bakat (Talent mapping)
Tes minat dan bakat akan diadakan sebelum tes wawancara, dan setiap pelamar yang dinyatakan lulus tes tertulis (perbandingan formasi jabatan yang ditawarkan terhadap jumlah yang lulus yakni 1:3) diwajibkan mengikutinya. Adapun jadwal dan tempat pelaksanaan akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil ujian tertulis melaluiwebsite http://sdm.ristek.go.id/cpns
Peralatan yang harus dibawa :
· Kartu Tanda Peserta Ujian
· Pensil 2 B
· Penghapus Pensil
· Papan Alas Untuk Menulis
4. Wawancara
Wawancara merupakan tahap terakhir dari seleksi. Hanya Pelamar yang dinyatakan Lulus Tes Tertulis dan mengikuti tes talent mapping yang akan dipanggil untuk mengikuti Wawancara.
Catatan :
1. Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari pelamar.
2. Lamaran yang diajukan sebelum pengumuman ini dibuat dinyatakan tidak berlaku.
3. Pelamar yang tidak menyampaikan surat lamaran beserta kelengkapannya, setelah dinyatakan lulus ujian CPNS sampai dengan batas waktu yang ditentukan, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri dan dinyatakan batal. Kementerian Riset dan Teknologi akan memanggil Pelamar yang menempati peringkat selanjutnya untuk Formasi jabatan tersebut.
4. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS dilingkungan Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Riset dan Teknologi berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS dilingkungan Kementerian Riset dan Teknologi dan melaporkan sebagai tindak pidana di Pengadilan Negeri, karena telahmemberikan keterangan palsu.
5. Biaya transportasi & akomodasi selama seleksi ditanggung peserta dan antara Panitia dan pelamar tidak diadakan surat menyurat.
6. Informasi resmi yang terkait dengan Penerimaan CPNS KRT 2010 hanya dapat dilihat dalam situs http://sdm.ristek.go.id/cpns/atau http://www.ristek.go.id.
7. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Hal-hal lain yang belum diatur akan ditetapkan dan diumumkan kemudian. Pelamar wajib tunduk dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan.
Jakarta, September 2010
ttd.
PANITIA PENERIMAAN CPNS KRT
Tahun 2010
Info Lain:
* FORMASI JABATAN
* Registrasi Online
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN KEHUTANAN FORMASI TAHUN 2010
P E N G U M U M A N
NOMOR : PG. 13 /Peg-1/2010
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN KEHUTANAN FORMASI TAHUN 2010
Kementerian Kehutanan membuka kesempatan kepada para lulusan Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Diploma III, Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) untuk diangkat menjadi calon tenaga fungsional serta tenaga teknis lainnya di lingkungan Kementerian Kehutanan dengan ketentuan sebagai berikut :
I. Kualifikasi Pendidikan yang dibutuhkan :
a. - SKMA Kementerian Kehutanan.
- SMK jurusan : Kehutanan, Elektro, Perikanan-Kelautan, Pertanian-Perkebunan.
b. Diploma III (D.III) : Kehutanan, Kearsipan, Sekretaris, Perpustakaan,
Manajemen/Teknik Informatika, Kimia, Hukum, Geografi,
Ekonomi Akuntansi, Biologi, Administrasi Perkantoran dan
Administrasi Negara.
c. Sarjana (S1) : Kehutanan, Statistik-Matematika, Sosiologi, Sosial Politik,
Silvikultur, Sastra Inggris, Peternakan, Pertanian (Agronomi),
Pertanian (Sosial Ekonomi), Pertanian (Proteksi Tanaman),
Pertanian (Ilmu Tanah), Pertanian (Hama Penyakit),
Perpustakaan, Mikrobiologi, Manajemen/Teknik Informatika,
Manajemen Sumber Daya Perairan/Perikanan, Komputer, Kimia,
Kelautan, Kedokteran Hewan, Kearsipan, Ilmu Lingkungan, Ilmu
Komunikasi, Hukum, Hidrologi, Geografi, Geodesi, Fisiologi
Tanaman, Ekonomi Perbankan, Ekonomi Manajemen, Ekonomi
Akuntansi, Design Grafis, Biologi, Entomologi, Biokimia,
Administrasi Negara.
d. Pascasarjana (S2) : Kehutanan, Kebijakan Publik, GIS
II. Ketentuan Pendaftaran :
a. Pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website
http://www.ropeg.dephut.go.id pada tanggal 5 sampai dengan 12 Oktober 2010
dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB.
NOMOR : PG. 13 /Peg-1/2010
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN KEHUTANAN FORMASI TAHUN 2010
Kementerian Kehutanan membuka kesempatan kepada para lulusan Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Diploma III, Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) untuk diangkat menjadi calon tenaga fungsional serta tenaga teknis lainnya di lingkungan Kementerian Kehutanan dengan ketentuan sebagai berikut :
I. Kualifikasi Pendidikan yang dibutuhkan :
a. - SKMA Kementerian Kehutanan.
- SMK jurusan : Kehutanan, Elektro, Perikanan-Kelautan, Pertanian-Perkebunan.
b. Diploma III (D.III) : Kehutanan, Kearsipan, Sekretaris, Perpustakaan,
Manajemen/Teknik Informatika, Kimia, Hukum, Geografi,
Ekonomi Akuntansi, Biologi, Administrasi Perkantoran dan
Administrasi Negara.
c. Sarjana (S1) : Kehutanan, Statistik-Matematika, Sosiologi, Sosial Politik,
Silvikultur, Sastra Inggris, Peternakan, Pertanian (Agronomi),
Pertanian (Sosial Ekonomi), Pertanian (Proteksi Tanaman),
Pertanian (Ilmu Tanah), Pertanian (Hama Penyakit),
Perpustakaan, Mikrobiologi, Manajemen/Teknik Informatika,
Manajemen Sumber Daya Perairan/Perikanan, Komputer, Kimia,
Kelautan, Kedokteran Hewan, Kearsipan, Ilmu Lingkungan, Ilmu
Komunikasi, Hukum, Hidrologi, Geografi, Geodesi, Fisiologi
Tanaman, Ekonomi Perbankan, Ekonomi Manajemen, Ekonomi
Akuntansi, Design Grafis, Biologi, Entomologi, Biokimia,
Administrasi Negara.
d. Pascasarjana (S2) : Kehutanan, Kebijakan Publik, GIS
II. Ketentuan Pendaftaran :
a. Pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website
http://www.ropeg.dephut.go.id pada tanggal 5 sampai dengan 12 Oktober 2010
dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB.
PT. Sinar Timur
We are, PT. Sinar Timur a footwear company is located in Balaraja, Tangerang and making premium class for sport footwear looking for smart, dynamic candidates for :
INDUSTRIAL ENGINEERING STAFF (IE Staff) – 3 positions
With requirement :
- Male/Female, max 30 years old
- Bachelor degree with major in Industrial Engineering
- Fluent in English and having ability to presentation in English
- Computer Literate in MS Office is a must
- Familiar with statistical software such as Minitab is a preferred
- Experience with AUTO CAD software is a plus
- Have Strong Analytical Skill and confident
- Having Knowledge in Lean Manufacturing System
- Having a minimum 1 year experience in same field.
INDUSTRIAL ENGINEERING STAFF (IE Staff) – 3 positions
With requirement :
- Male/Female, max 30 years old
- Bachelor degree with major in Industrial Engineering
- Fluent in English and having ability to presentation in English
- Computer Literate in MS Office is a must
- Familiar with statistical software such as Minitab is a preferred
- Experience with AUTO CAD software is a plus
- Have Strong Analytical Skill and confident
- Having Knowledge in Lean Manufacturing System
- Having a minimum 1 year experience in same field.
PT. Cahaya Abadi Jaya
Vacancy at PT. Cahaya Abadi Jaya
Description: PT. Cahaya Abadi Jaya is engaged in manufacturing and distributor of products of iron and mild steel frame, has experienced more than 15 years, was in need of professionals for the position:
Address: Jl. Pangeran Jayakarta No.151 Jakarta Pusat 10730
Phone: 0213909123
Vacancy for:
1. Warehouse Supervisor
2. Production Operator
3. Call Center
Work Location: Jakarta
Requirements:
1. Warehouse Supervisor
Description: PT. Cahaya Abadi Jaya is engaged in manufacturing and distributor of products of iron and mild steel frame, has experienced more than 15 years, was in need of professionals for the position:
Address: Jl. Pangeran Jayakarta No.151 Jakarta Pusat 10730
Phone: 0213909123
Vacancy for:
1. Warehouse Supervisor
2. Production Operator
3. Call Center
Work Location: Jakarta
Requirements:
1. Warehouse Supervisor
Psikologi Perkembangan Anak
Prinsip Dasar.
Pada dasarnya setiap anak memiliki keunikan. Setiap anak memiliki perbedaan latar belakang, pola asuh, tahap perkembangan, karakteristik kepribadian serta cara pemenuhan kebutuhannya. Oleh karena itu GSM perlu belajar melakukan pendekatan yang berbeda-beda sesuai dengan keunikan masing-masing anak.
Kebutuhan Dasar.
Secara umum setiap anak membutuhkan cinta kasih, penghargaan pribadi, pemenuhan kebutuhan fisik, pelatihan disiplin dan kesempatan untuk mengembangkan berbagai aspek kehidupannya.
Menurut Alfred Adler, manusia pada dasarnya adalah pembuat keputusan yang aktif serta memiliki tujuan individual. Tujuan individual inilah yang menentukan prilakunya. Ada 3 tujuan yang mendasari perilaku seseorang yaitu kebutuhan untuk memiliki, untuk diterima dan untuk berkontribusi. Motivasi dasar ini berkaitan dengan situasi sosial dimana seseorang hidup.
Sedangkan Erikson mengemukakan tahapan perkembangan sosial sesuai usia seseorang. Seorang bayi (<1,5thn) mengembangkan kepercayaan terhadap orang lain dan lingkungannya. Masa bayi merupakan masa awal interaksi seseorang terhadap dunia di sekitarnya. Ia akan merasa aman bila orang-orang disekitarnya dipercayainya. Berikutnya adalah masa seorang anak berusia 1,5 - 3 thn. Pada masa ini seorang anak mengembangkan otonomi dan kemandirian. Mereka ingin melakukan sesuatu sendiri meskipun kemampuannya belum memadai. Selanjutnya adalah masa prasekolah yaitu anak usia 3 - 5 tahun. Pada usia ini anak mengembangkan kebebasan berinisiatif. Tahap berikutnya adalah usia sekolah (6-11 tahun) dimana anak butuh untuk diterima oleh kelompok sebayanya. Sedangkan pada masa remaja, seseorang mencari identitas diri. Pertanyaan yang muncul pada masa ini adalah "Siapakah saya?", "Saya akan menjadi apa nanti ?".
Keberhasilan untuk memenuhi kebutuhan memiliki, diterima dan berkontribusi serta mengembangkan kepercayaan, otonomi dan kebebasan berinisiatif membuat anak berkembang menjadi pribadi yang sehat serta memiliki konsep diri yang positif. Hal ini sangat penting bagi perkembangan kepribadian dan gaya hidup seorang anak selanjutnya. Seringkali kenakalan anak berhubungan dengan pemenuhan kebutuhannya. Hal tesebut biasanya tidak disadari oleh anak tersebut. Sesungguhnya perilaku anak biasanya merupakan cara atau upaya untuk memenuhi kebutuhannya baik dengan cara positif maupun negatif. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami kebutuhan anak.
Halaman selanjutnya...
Pada dasarnya setiap anak memiliki keunikan. Setiap anak memiliki perbedaan latar belakang, pola asuh, tahap perkembangan, karakteristik kepribadian serta cara pemenuhan kebutuhannya. Oleh karena itu GSM perlu belajar melakukan pendekatan yang berbeda-beda sesuai dengan keunikan masing-masing anak.
Kebutuhan Dasar.
Secara umum setiap anak membutuhkan cinta kasih, penghargaan pribadi, pemenuhan kebutuhan fisik, pelatihan disiplin dan kesempatan untuk mengembangkan berbagai aspek kehidupannya.
Menurut Alfred Adler, manusia pada dasarnya adalah pembuat keputusan yang aktif serta memiliki tujuan individual. Tujuan individual inilah yang menentukan prilakunya. Ada 3 tujuan yang mendasari perilaku seseorang yaitu kebutuhan untuk memiliki, untuk diterima dan untuk berkontribusi. Motivasi dasar ini berkaitan dengan situasi sosial dimana seseorang hidup.
Sedangkan Erikson mengemukakan tahapan perkembangan sosial sesuai usia seseorang. Seorang bayi (<1,5thn) mengembangkan kepercayaan terhadap orang lain dan lingkungannya. Masa bayi merupakan masa awal interaksi seseorang terhadap dunia di sekitarnya. Ia akan merasa aman bila orang-orang disekitarnya dipercayainya. Berikutnya adalah masa seorang anak berusia 1,5 - 3 thn. Pada masa ini seorang anak mengembangkan otonomi dan kemandirian. Mereka ingin melakukan sesuatu sendiri meskipun kemampuannya belum memadai. Selanjutnya adalah masa prasekolah yaitu anak usia 3 - 5 tahun. Pada usia ini anak mengembangkan kebebasan berinisiatif. Tahap berikutnya adalah usia sekolah (6-11 tahun) dimana anak butuh untuk diterima oleh kelompok sebayanya. Sedangkan pada masa remaja, seseorang mencari identitas diri. Pertanyaan yang muncul pada masa ini adalah "Siapakah saya?", "Saya akan menjadi apa nanti ?".
Keberhasilan untuk memenuhi kebutuhan memiliki, diterima dan berkontribusi serta mengembangkan kepercayaan, otonomi dan kebebasan berinisiatif membuat anak berkembang menjadi pribadi yang sehat serta memiliki konsep diri yang positif. Hal ini sangat penting bagi perkembangan kepribadian dan gaya hidup seorang anak selanjutnya. Seringkali kenakalan anak berhubungan dengan pemenuhan kebutuhannya. Hal tesebut biasanya tidak disadari oleh anak tersebut. Sesungguhnya perilaku anak biasanya merupakan cara atau upaya untuk memenuhi kebutuhannya baik dengan cara positif maupun negatif. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami kebutuhan anak.
Halaman selanjutnya...
Langganan:
Postingan (Atom)