Minggu, 28 November 2010

LANGKAH MENJADI MANUSIA SUKSES

Setiap kita mempunyai cita-cita atau keinginan sukses. terutama sukses dalam menjalani perjuangan hidup. tapi sayang tidak semua kesuksesan yang dicapai oleh kita dengan cara yang benar, baik dan indah sesuai aturan tuhan. kesuksesan yang diraih banyak sekali melangar norma- norma kemanusian dalm hidup. sebagai contoh untuk menjadi sukses orang melakukan kecurangan dan kelicikan. berupa pemalsuan data-data administrasi, pengambilalihan kekuasaan , pemusnahan karakter dan masih banyak cara lainya. untuk itu mulai saat ini kita mencopa menjadi orang sukses yang sejati dengan tidak merugikan orang lain. sukses yang sejati adalah sukses dunia dan akhirat. adapun caranya ialah:

1. Luruskan niatnya.
apabila pekerjaan yang dilakukan tidak dimulai dgn niat yang lurus maka pekerjaan sudah pasti tidak bisa terlaksana dengan baik. sebagai contoh apabila kita bekerja sama orang sebagai bawahan kita harus tau diri akan posisikita dalam bekerja. dan jangan gondok atau mengerutu dalam hati jika diperintah. resiko menjadi bawahan ya harus melaksanakan perintah. dan sebaliknya apabila menjadi atasan jadi lah atasan yang bijak sana, yang selalu menampung aspirasi bawahan. jangan tindas bawahan dengan istilah GASAK,GESEK,dan GOSOK. bawahan haruslah selalu di ASAH,ASIH dan ASUH. Mudahan apabila kita sudah melakukan niat yang lurus maka kita akan meraih kemenangan sesuai proporsi kemampuan kita.
2. Luruskan Caranya
Pekerjaan yang dilakukan setiapa orang cenderung harus sesuai dengan kemampuanya. tapi sayang masih banyak diantara kita yg melakukan pekerjaan tidk sesuai potensi yang dimiliki akhirnya apa yang tercadi, pastilah coba-coba. dalam kegiatan coba- coba timbul berbagai hal cara yang salah. apabila salah tentu pekerjaan tidak maksimal dan hasil jelas tentu amburadul. maka mulailah melakukan perkerjan sesuai dengan cara yang tepat ,jitu,profesinal dan ihklas. dengan selalu tetap semangat dalam setiap pekerjaan yang dilakukan.
3. Luruskan hasilnya.
Semua pekerjan tentu setiap kita mengharapkan hasil yang memuaskan dan membuat lebih berarti. tapi sayang dan amat disayangkan diantara kita banyak melakukan manifulasi terhadap hasil pekerjaan. sebagai contoh pembuatan laporan pertangungjawaban kegiatan atau proyek yang dijalankan selalu di manifulasi. ini bukan rahasia umumlagi. untuk itu kita selalu menjadi orang yang berupaya menjadikan hasil pekerjaan yang lebih maksimal dan memiliki nilai berkah dari Alloh SWT.

Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dalam hidup ini haruslah selalu menjadi kan yang terbaik dan bernilai disi manusia dan tuhan. tiada rupa yang paling indah,rupa yang diridhoi alloh. tiada suara yang paling indah, suara mengucapkan kebaikan, dan tiada gerak yang paling indah, gerak yang paling bernilai disisi alloh yaitu gerak menjalani aktifitas yang diridhoi……. semoga apa yang kita raih menjadi bermakna .

Anda Sukses

da

Produk Motivasi

Poster BW - Sebuah Prestasi

Poster BW - Sebuah Prestasi
...
Siapapun Anda, Anda Sudah Sukses Detik Ini Juga
Penulis : Ikhwan Sopa
Rating Artikel :
Sabtu, 02-Agustus-2008
Bapak, Ibu, dan Saudara yang budiman. Saya sungguh-sungguh mengatakannya. Percayalah pada Saya, Anda sudah sukses pada detik ini juga! Jika hanya sekedar sukses, Anda sudah tak perlu lagi mencarinya. Sukses itu telah bersemayam di dalam diri Anda. Itulah yang dikatakan Jennie S. Bev, "Sukses adalah Anda".

Diri Anda, dibentuk oleh karakter Anda. Karakter Anda, disusun dari berbagai perilaku Anda. Perilaku Anda, dibangun oleh berbagai kebiasaan Anda. Dan kebiasaan-kebiasaan Anda, adalah pengulangan berbagai berbagai hal. Apa sih yang selalu Anda ulangi? Pasti fenomena kesuksesan. Nggak percaya?

Apa yang akan menjadi kebiasaan Anda, adalah segala hal, tindakan, atau aktivitas yang Anda anggap sukses dan berhasil. Apa yang berhasil Anda ciptakan atau lakukan, akan mendorong Anda untuk mengulanginya. Lagi dan lagi. Sebaliknya, apa yang Anda anggap gagal atau tidak berhasil, normalnya sih tak akan Anda ulangi lagi.

Untuk sementara, mari kita lepas dulu aspek benar atau salah, dan baik atau buruk. Letakkan di luar diri Anda, dan mari ikuti Saya. Saya gunakan contoh yang ekstrem, yaitu pencuri. Apakah seorang pencuri itu sukses? Ya! Mohon maaf sebelumnya, ini sama sekali bukan mengajari Anda menjadi pencuri. Saya hanya akan menunjukkan betapa sukses itu sebenarnya melekat pada diri setiap orang.

Seorang pencuri melakukan pencurian untuk pertama kalinya. Jika ia berhasil mencuri tanpa tertangkap, akankah ia mencuri lagi? Ya, ia akan mencuri lagi. Jika tidak tertangkap lagi pada pencurian berikutnya, ia akan mencuri lagi untuk ketiga kalinya. Begitu seterusnya, sampai terbentuk kebiasaan "sukses"-nya. Terbentuklah perilaku "sukses"-nya. Terbentuklah karakter "sukses"-nya. Jadilah pencuri itu sebagai orang "sukses".

Jika suatu kali sang pencuri tertangkap polisi. Akankah ia mengulanginya lagi? Bisa ya, bisa tidak. Jika ia mengulanginya lagi, maka ia mengulangi "kegagalan". Itu namanya pencuri bodoh. Manusia yang tidak sukses.

Bagaimana dengan diri Anda yang jelas-jelas berkualifikasi lebih baik dari sekedar contoh jelek di atas? Apakah Anda terbiasa begadang sampai detik ini? Jika ya, tetap saja, Anda adalah manusia sukses. Sebab kebiasaan begadang Anda, hanya terjadi karena begadang itu sukses buat Anda. Anda begadang, dan kemudian Anda tidak merasakan efek buruknya. Anda merasa berhasil dan "sukses" begadang. Anda mengulanginya, dan terbentuklah diri "sukses" Anda.

Jika Anda terbiasa begadang, dan kemudian suatu saat jatuh sakit karenanya, Anda punya pilihan. Jika Anda berhenti atau mengurangi begadang, maka Anda akan terlahir kembali menjadi manusia "sukses" yang baru. Jika Anda tetap doyan begadang, maka Anda terjerumus menjadi manusia tidak sukses. Ndablek namanya. Gagal kok diulangi lagi.

Jika sampai detik ini Anda terbiasa telat masuk kantor setiap hari, Anda juga tetap manusia "sukses". Sebab, karakter, perilaku, dan kebiasaan itu, pasti terjadi karena Anda "sukses" melakukannya. Alias, selama ini aman-aman saja. Jika kemudian, ternyata gaji Anda dipotong sebagai konsekuensi dari terbongkarnya kebiasaan Anda, maka sekali lagi Anda punya pilihan. Berhenti atau meneruskan. Melakukan hal yang sama atau melakukan hal yang berbeda.

Jika Anda berhenti dan berubah menjadi rajin masuk kerja, maka Anda lahir kembali menjadi manusia "sukses" yang baru. Jika Anda berusaha kreatif untuk tetap telat dengan berganti "metode telat", dan itu ternyata berhasil, maka Anda akan menjadi manusia "sukses" yang baru juga. Tetap saja, Anda adalah manusia "sukses". Jika Anda teruskan dengan cara yang sama, maka sekali lagi Anda ndablek. Anda berganti menjadi manusia tidak "sukses".

Anda suka ngebut sembarangan di jalanan? Sepanjang Anda tidak celaka, Anda adalah manusia "sukses" sebagai setan jalanan. Jika Anda kemudian nyungsep ke got atau berkesempatan mencium tiang listrik, maka waspadalah, di situ akan muncul pilihan. Besok ngebut lagi dengan kesembarangan yang sama, atau lebih berhati-hati. Anda lebih berhati-hati, maka Anda berubah menjadi manusia "sukses" yang baru.Anda tetap ngebut sembarangan, Anda mungkin sudah gila. Setan jalanan yang gila dan tidak sukses.

Suka ninggalin shalat? Anda tetap sukses tuh. Sebab, konsekuensinya bisa jadi belum akan Anda terima selagi Anda hidup di dunia. Karena Anda anggap aman-aman saja, maka Anda mengidentifikasinya sebagai sebentuk kesuksesan. Kemudian, Anda akan mengulanginya menjadi kebiasaan, perilaku, dan akhirnya karakter. Karakter manusia yang "sukses" (di dunia).

Anda sebut saja. Apapun yang menjadi pilihan tindakan Anda, dan kemudian Anda kembangkan menjadi perilaku dan kebiasaan, akan selalu mencerminkan karakter sukses Anda.

Kuncinya, ada pada pilihan Anda. Pandai-pandailah memilih. Dan ingatlah bahwa apapun yang Anda pilih, akan mencerminkan "kesuksesan" Anda.

Mari kita masukkan kembali aspek benar atau salah dan baik atau buruk yang tadi kita copot sementara. Anda pilih yang mana? Hal, sikap, tindakan yang baik atau yang buruk? Yang benar atau yang salah? Dari situlah semua kesuksesan Anda dimulai. Manapun yang Anda pilih, Anda akan sukses! Waspadalah dalam memilih.

Etos Kerja Sang Pembelajar

Menyalahkan orang lain atas apa yang kita perbuat sering kita lakukan tanpa kita sadari. Lalu kita marah – marah atas kesalahan kita sendiri. Keadaan emosi kita memang turun naik nah kitalah yang harus jadi master untuk emosi kita dan bertanggungjawab atasnya.

Sejumlah orang tidak menyadari bahwa kita bisa mengendalikan emosi itu. Cobalah untuk melakukan tes pengendalian emosi seperti ketika kita melihat sesuatu yang tidak menyenangkan maka kita cemas dan marah. Maka apa yang terjadi ? Lalu cobalah ubah emosi kita menjadi positif ketika melihat sesuatu yang tidak menyenangkan. Bagaimana ?

Pengontrolan atas emosi yang kita miliki adalah anugrah terbesar manusia bahwa kita bisa mengubah emosi kita dengan beragam cara.
Nah

pengontrolan dan pengubahan emosi adalah satu ciri manusia pembelajar. Apakah Manusia Pembelajar itu ? Manusia Pembelajar adalah setiap orang yang bersedia menerima tanggungjawab untuk mengenal diri sendiri dengan selalu berusaha mencari jawaban yang lebih baik. Manusia pembelajar tidak pernah berhenti bertanya. Dia selalu berusaha mengaktualisasikan potensi yang ada dengan cara menjadi diri sendiri dan menolak untuk diidentifikasikan selain dari dirinya dan pemikirannya. Pertanyaan yang sering diajukan oleh manusia pembelajar untuk aktualisasi diri adalah siapa aku, darimana aku, kemana aku pergi, apa yang menjadi tanggungjawabku, dan kepada siapa aku percaya.

Pertanyaan diatas juga mempengaruhi etos kerja manusia pembelajar. Dimana mereka akhirnya selalu bekerja tanpa memikirkan imbalan materi semata, namun juga mereka bekerja karena cinta, ibadah dan rahmat.

Sabtu, 27 November 2010

Cerita Sukses: Dua Orang Sahabat

Cerita sukses kali ini menceritakan dua orang sahabat yang sudah lama berpisah. Sekitar 5 tahun mereka berpisah karena tuntutan karir masing-masing yang berbeda. Setelah 5 tahun berpisah, dua orang sahabat ini bertemu di sebuah rumah makan tanpa sengaja. Rumah makan ini memang rumah makan favorite mereka.

“Hai Joko, apa kabar?” kata Toni dengan wajah berbinar karena bertemu dengan sahabat lamanya. Kontan saja, Joko tesentak kaget karena tiba-tiba sahabatnya ada di depan mata.

“Alhamdulillah baik. Bagaimana dengan kamu? Terlihat makin sukses saja nich.” kata Toni.

“Alhamdulillah, kabar saya baik, juga dengan karir saya.” jawab Joko tak lepas dari senyum gembira.

“Kamu bekerja dimana?” tanya Toni.

“Saya bekerja di PT Bambu Kuning.” jawab Joko sambil tersenyum. Rupanya, Joko memang murah senyum.

Mendengar jawaban Joko, Toni sangat kaget campur kagum, “Hebat kamu… bisa diterima di PT Bambu Kuning. Gede donk gajinya?”

“Alhamdulillah sudah rezeki saya mungkin. Bagaimana dengan kamu?” Joko balik bertanya.

“Alhamdulillah, saya juga mendapatkan pekerjaan yang saya sukai. Namun tidak sebagus di Bambu Kuning. Mungkin nasib saya tidak masuk bekerja disana.” jelas Toni.

“Sebenarnya, kamu memiliki peluang besar untuk bekerja di Bambu Kuning. Seharusnya waktu itu kamu mencobanya.” jelas Joko. “Sebab, Bambu Kuning sebenarnya mencari orang dengan kualifikasi seperti kamu. Saya coba mencari kamu untuk memberitahu, tapi sayangnya kamu menghilang entah kemana.”

“Oh ya?” Toni tersentak kaget. “Apa saya bakal diterima disana?”

“Insya Allah… karena sudah lama Bambu Kuning mencari orang dengan kualifikasi yang kamu miliki. Plus rekomendasi dari saya kamu bakalan diterima. Bahkan, waktu itu, bos memarahi saya. Saya janji akan bawa kamu, tetapi gagal karena kamu menghilang.” jelas Joko.

Toni terdiam. Sebenarnya, Toni memiliki mimpi untuk bekerja di PT Bambu Kuning. Hanya saja, Toni tidak pernah mencoba sekali pun melamar ke perusahaan tersebut. Kini dia terhenyak. Bagaimana tidak… dia melewatkan kesempatan bekerja di tempat idamannya hanya karena dia tidak mau mencoba. Mata Toni mulai berkaca-kaca…

“Sebenarnya… saya ingin bekerja di Bambu Kuning. Hanya saja, saya merasa saya tidak pantas bekerja disana. Itu perusahaan elit, waktu itu saya berpikir kalau saya tidak akan diterima disana.” Jelas Toni agak terbata-bata.

“Lho koq?” Joko balik kaget. “Ton, kamu tau apa yang di pikiran saya? Saya selalu iri dengan kehebatan kamu dan kepandaian kamu. Saya pikir kamu lebih hebat dari saya. Kamu sendiri tau, kalau saya banyak belajar dari kamu. Kamu itu hebat, setidaknya lebih hebat dari saya.”

Toni hanya terdiam.. dia menyesal karena hanya karena tidak percaya diri, dia melewatkan peluang yang selama ini dia idam-idamkan.

“Sudahlah Ton… Lagi pula… kamu sudah bekerja di tempat yang kamu sukai.” kata Joko menghibur.

“Iya juga…” kata Toni sambil tersenyum. Senyum yang dipaksakan.

Jumat, 05 November 2010

KARAKTERISTIK ANAK USIA SD

Pertumbuhan Fisik atau Jasmani
1.
Perkembangan fisik atau jasmani anak sangat berbeda satu sama lain, sekalipun anak-anak tersebut usianya relatif sama, bahkan dalam kondisi ekonomi yang relatif sama pula. Sedangkan pertumbuhan anak-anak berbeda ras juga menunjukkan perbedaan yang menyolok. Hal ini antara lain disebabkan perbedaan gizi, lingkungan, perlakuan orang tua terhadap anak, kebiasaan hidup dan lain-lain.
2.
Nutrisi dan kesehatan amat mempengaruhi perkembangan fisik anak. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan pertumbuhan anak menjadi lamban, kurang berdaya dan tidak aktif. Sebaliknya anak yang memperoleh makanan yang bergizi, lingkungan yang menunjang, perlakuan orang tua serta kebiasaan hidup yang baik akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.
3.
Olahraga juga merupakan faktor penting pada pertumbuhan fisik anak. Anak yang kurang berolahraga atau tidak aktif sering kali menderita kegemukan atau kelebihan berat badan yang dapat mengganggu gerak dan kesehatan anak.
4.
Orang tua harus selalu memperhatikan berbagai macam penyakit yang sering kali diderita anak, misalnya bertalian dengan kesehatan penglihatan (mata), gigi, panas, dan lain-lain. Oleh karena itu orang tua selalu memperhatikan kebutuhan utama anak, antara lain kebutuhan gizi, kesehatan dan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan setiap hari sekalipun sederhana.
Perkembangan Intelektual dan Emosional
1.
Perkembangan intelektual anak sangat tergantung pada berbagai faktor utama, antara lain kesehatan gizi, kebugaran jasmani, pergaulan dan pembinaan orang tua. Akibat terganggunya perkembangan intelektual tersebut anak kurang dapat berpikir operasional, tidak memiliki kemampuan mental dan kurang aktif dalam pergaulan maupun dalam berkomunikasi dengan teman-temannya.
2.
Perkembangan emosional berbeda satu sama lain karena adanya perbedaan jenis kelamin, usia, lingkungan, pergaulan dan pembinaan orang tua maupun guru di sekolah. Perbedaan perkembangan emosional tersebut juga dapat dilihat berdasarkan ras, budaya, etnik dan bangsa.
3.
Perkembangan emosional juga dapat dipengaruhi oleh adanya gangguan kecemasan, rasa takut dan faktor-faktor eksternal yang sering kali tidak dikenal sebelumnya oleh anak yang sedang tumbuh. Namun sering kali juga adanya tindakan orang tua yang sering kali tidak dapat mempengaruhi perkembangan emosional anak. Misalnya sangat dimanjakan, terlalu banyak larangan karena terlalu mencintai anaknya. Akan tetapi sikap orang tua yang sangat keras, suka menekan dan selalu menghukum anak sekalipun anak membuat kesalahan sepele juga dapat mempengaruhi keseimbangan emosional anak.
4.
Perlakuan saudara serumah (kakak-adik), orang lain yang sering kali bertemu dan bergaul juga memegang peranan penting pada perkembangan emosional anak.
5.
Dalam mengatasi berbagai masalah yang sering kali dihadapi oleh orang tua dan anak, biasanya orang tua berkonsultasi dengan para ahli, misalnya dokter anak, psikiatri, psikolog dan sebagainya. Dengan berkonsultasi tersebut orang tua akan dapat melakukan pembinaan anak dengan sebaik mungkin dan dapat menghindarkan segala sesuatu yang dapat merugikan bahkan memperlambat perkembangan mental dan emosional anak.
6.
Stres juga dapat disebabkan oleh penyakit, frustasi dan ketidakhadiran orang tua, keadaan ekonomi orang tua, keamanan dan kekacauan yang sering kali timbul. Sedangkan dari pihak orang tua yang menyebabkan stres pada anak biasanya kurang perhatian orang tua, sering kali mendapat marah bahkan sampai menderita siksaan jasmani, anak disuruh melakukan sesuatu di luar kesanggupannya menyesuaikan diri dengan lingkungan, penerimaan lingkungan serta berbagai pengalaman yang bersifat positif selama anak melakukan berbagai aktivitas dalam masyarakat.
Perkembangan Bahasa
Bahasa telah berkembang sejak anak berusia 4 – 5 bulan. Orang tua yang bijak selalu membimbing anaknya untuk belajar berbicara mulai dari yang sederhana sampai anak memiliki keterampilan berkomunikasi dengan mempergunakan bahasa. Oleh karena itu bahasa berkembang setahap demi setahap sesuai dengan pertumbuhan organ pada anak dan kesediaan orang tua membimbing anaknya.
Fungsi dan tujuan berbicara antara lain: (a) sebagai pemuas kebutuhan, (b) sebagai alat untuk menarik orang lain, (c) sebagai alat untuk membina hubungan sosial, (d) sebagai alat untuk mengevaluasi diri sendiri, (e) untuk dapat mempengaruhi pikiran dan perasaan orang lain, (f) untuk mempengaruhi perilaku orang lain.
Potensi anak berbicara didukung oleh beberapa hal. Yaitu: (a) kematangan alat berbicara, (b) kesiapan mental, (c) adanya model yang baik untuk dicontoh oleh anak, (d) kesempatan berlatih, (e) motivasi untuk belajar dan berlatih dan (f) bimbingan dari orang tua.
Di samping adanya berbagai dukungan tersebut juga terdapat gangguan perkembangan berbicara bagi anak, yaitu: (a) anak cengeng, (b) anak sulit memahami isi pembicaraan orang lain.
Perkembangan Moral, Sosial, dan Sikap
1.
Kepada orang tua sangat dianjurkan bahwa selain memberikan bimbingan juga harus mengajarkan bagaimana anak bergaul dalam masyarakat dengan tepat, dan dituntut menjadi teladan yang baik bagi anak, mengembangkan keterampilan anak dalam bergaul dan memberikan penguatan melalui pemberian hadiah kepada ajak apabila berbuat atau berperilaku yang positif.
2.
Terdapat bermacam hadiah yang sering kali diberikan kepada anak, yaitu yang berupa materiil dan non materiil. Hadiah tersebut diberikan dengan maksud agar pada kemudian hari anak berperilaku lebih positif dan dapat diterima dalam masyarakat luas.
3.
Fungsi hadiah bagi anak, antara lain: (a) memiliki nilai pendidikan, (b) memberikan motivasi kepada anak, (c) memperkuat perilaku dan (d) memberikan dorongan agar anak berbuat lebih baik lagi.
4.
Fungsi hukuman yang diberikan kepada anak adalah: (a) fungsi restruktif, (b) fungsi pendidikan, (c) sebagai penguat motivasi.
5.
Syarat pemberian hukuman adalah: (a) segera diberikan, (b) konsisten, (c) konstruktif, (d) impresional artinya tidak ditujukan kepada pribadi anak melainkan kepada perbuatannya, (e) harus disertai alasan, (f) sebagai alat kontrol diri, (g) diberikan pada tempat dan waktu yang tepat.

PAMERAN BUKU DAN GELAR BUDAYA BANYUMAS

NAMA PAMERAN
Pesta Buku dan Festival Budaya Banyumas 2010
“ Purwokerto Membaca , Purwokerto Cinta Budaya “

PENGANTAR

Purwokerto sebagai ibu kota Kabupaten Banyumas merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki potensi di bidang pendidikan dan usaha. hal ini dapat dilihat dengan banyaknya kampus dan sekolah yang ada, serta pertumbuhan dunia usaha yang pesat. Di samping itu pula Purwokerto tidak dapat dipisahkan dengan budaya banyumas yang memiliki banyak keunikan . Situasi yang sangat kondusif ini perlu didukung dengan penyediaan buku secara lengkap dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini mengingat bahwa buku memiliki arti penting bagi perkembangan dan perubahan yang lebih baik.
Salah satu upaya yang dilakukan dalam menumbuhkan minat baca dan mendekatkan masyarakat Purwokerto dengan Budaya banyumas yaitu dituangkan dalam bentuk penyelenggaraan event pesta buku yang melibatkan partisipasi para penerbit buku di Indonesia . Sahabat Pustaka Production akan menyelenggarakan pesta buku yang menjadi salah satu ajang pertukaran informasi efektif dalam wacana yang berkembang saat ini., baik dari segi pendidikan, sosial, budaya, maupun wacana umum yang berkaitan dengan masyarakat luas. Selain itu juga memberikan kesempatan yang baik bagi masyarakat Purwokerto untuk mendapatkan buku secara lengkap dengan mutu berkualitas dan harga yang terjangkau oleh semua lapisan.
Pesta buku dengan tema “Purwokerto Membaca, Purwokerto Cinta Budaya” ini mengambil lokasi gedung di jantung kota Purwokerto. Lokasi ini sangat strategis yakni berada di antara lingkungan sekolah SD hingga SMU, dan kantor pemerintahan serta dekat juga dengan alun-alun kota sehingga membuat pesta ini mudah diakses oleh masyarakat secara luas. Dengan melakukan promosi yang optimal dengan menggandeng media lokal baik radio maupun media massa, dunia usaha lokal, jajaran Pemerintahan Daerah Banyumas , Dinas pendidikan nasional yang menaungi seluruh sekolah (TK, SD, SMP, SMU) se-Kabupaten banyumas, maka diharapkan informasi tentang pesta ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat Purwokerto pada khususnya dan kota-kota sekelilingnya pada umumnya. Sehingga upaya mendekatkan buku dan budaya pada lapisan masyarakat dapat membuah-kan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Panitia






TUJUAN
1. Memberikan kedekatan antara buku dan masyarakat Banyumas dengan lengkap
dan murah.
2. Menggalakan kembali cinta budaya daerah sebagai wujud identitas diri Masyarakat Banyumas.
3. Mengiatkan kembali kegemaran membaca dikalangan masyarakat Banyumas.
4. Menyediakan wadah informasi, transaksi yang mudah dan murah, dan komunikasi yang hangat antara masyarakat di dunia buku dan masyarakat luas.

PENYELENGGARA PESTA

Sahabat Pustaka PRODUCTION
Jl. Ahmad Yani No. 20 Purwokerto
Telp. / fax : (0281) 631830 / (0281) 624561
Email : sahabat.pustaka.pwt@gmail.com
Contact : Kristiadji Raharjo (081317221971)
Antonius Vendhy ( 085740181212)

WAKTU DAN TEMPAT

Hari : Rabu – Selasa
Tanggal : 3 – 9 November 2010
Waktu : Pkl. 09.00 – 21.00 WIB
Tempat : Gedung Paschalis Hall Purwokerto
Alamat : Jl. Gereja No.03 Purwokerto

PESERTA DAN TARGET PESTA
1. Penerbit - penerbit Buku Nasional dan Lokal
2. Toko buku dan Distributor buku Target Peserta : 52 Penerbit
3. Lembaga Pendidikan
4. Alat – alat tulis kantor





PRODUK PESTA

1. Buku anak dan remaja
2. Buku – buku agama, umum, dan pendidikan
3. Buku – buku sains, ilmu pengetahuan umum dan teknologi
4. Buku sejarah, budaya, sosial dan remaja
5. Sarana pendidikan dan produk yang berkaitan dengan dunia pendidikan


PENGUNJUNG PESTA

1. Masyarakat Umum
2. Pelajar Playgroup, TK hingga SMA, Remaja dan Mahasiswa
3. Kaum Intelektual dan Kaum Pendidik
4. Pejabat dan Karyawan Pemerintah dan Perusahaan Swasta
5. Ulama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Angota Parpol atau lembaga
6. Komunitas Budaya, Musik dan Penulis


TARGET PENGUNJUNG PESTA

10.000 – 20.000 orang


AREA PENGUNJUNG YANG DIDATANGKAN


1. Purwokerto
2. Banyumas

3. Purbalingga

Program Unggulan
No Jenis Program Segmen
1 Pesta Dolanan Bocah Pelajar tingkat SD
2 Festival Calung Umum
3 Wayang Wahyu Umum

Program Reguler
No Jenis Program Segmen
1 Festival Band Pelajar SMA / Sederajat
2 Lomba Mewarnai dan Menggambar Tingkat TK dan SD
3 Lomba Karaoke Campursari & Keroncong Umum
4 Lomba Dongeng Pelajar SMP / Sederajat
5 Festival Rebana Umum
6 Lomba Menulis Cerpen Pelajar SMA / Sederajat
7 Lomba Baca Puisi Pelajar SMP / Sederajat
8 Dance Competition Pelajar SMA / Sederajat
9 Fashion Show Pelajar TK s/d SD kelas III
10 Lomba Pasang Jilbab Umum

Program Workshop
No Jenis Program Segmen
1 Workshop Pertanian Petani dan Pencinta Pertanian Banyumas
2 Workshop Pendidikan Pengajar Banyumas
3 Workshop Motivasi Umum

Program Talkshow
No Jenis Program Segmen
1 Bursa Naskah Penulis dan Penerbit
2 Seminar Budaya Umum

Program Pendukung Pesta
1. Radio Koar-koar
2. Bagi – bagi Hadiah tiap hari
3. Free Hotspot
4. Bagi – bagi Bibit Tanaman Gratis




Run Down Acara

Hari/Tanggal Waktu Program Acara
Rabu/ 3 November 2010 08.30-09.00 Perarakan Kentongan dan Bawor
09.00-10.00 Pembukaan
10.00-12.00 Wisata Buku
10.00-10.30 Selamat Pagi
10.00-12.00 Seminar Budaya
12.00-13.00 Happening Art
13.00-16.00 Pesta Dolanan Bocah
16.00-18.00 Bursa Naskah
18.00-18.30 Happening Art
19.00-21.30 Festival Calung
21.00-21.30 Selamat Malam
Kamis/ 4 November 2010 09.00-09.30 Selamat Pagi
09.00-12.00 Wisata Buku
09.00-12.00 Festival Band
12.00-12.30 Musik
12.30-15.00 Festival Band
15.00-15.30 Musik
15.30-18.00 Festival Band
18.00-18.30 Musik
18.30-21.00 Festival Band
21.00-21.30 Selamat Malam
Jumat/ 5 November 2010 09.00-09.30 Selamat Pagi
09.00-11.00 Wisata Buku
09.00-12.00 Festival Rebana
12.00-13.30 Musik
13.30-16.30 Lomba Pasang Jilbab
16.30-18.00 Display Lomba Cerpen
18.00-18.30 Musik
18.30-21.00 Bintang Tamu: Lodse
21.00-21.30 Selamat Malam
Sabtu/ 6 November 2009 09.00-09.30 Selamat Pagi
09.00-12.00 Wisata Buku
10.00-12.00 Workshop
12.00-12.30 Musik
12.30-16.30 Dance Competition
16.30-18.00 Break
18.00-18.30 Musik
18.30-21.30 Dance Competition
21.30-22.00 Selamat Malam
Minggu/ 7 November 2010 09.30-10.00 Selamat Pagi
09.30-12.00 Wisata Buku
09.30-11.30 Lomba Mewarnai & Menggambar
10.00-11.30 Lomba Karaoke Campursari & Keroncong
11.30-12.30 Musik
12.30-16.00 Lomba Karaoke Campursari & Keroncong
16.00-18.30 Musik
18.30-19.00 Bintang Tamu
19.00- 21.30 Lomba Karaoke Campursari & Keroncong
21.30-22.00 Selamat Malam
Senin/ 8 November 2010 09.00-09.30 Selamat Pagi
09.00-12.00 Wisata Buku
09.00-12.00 Lomba Dongeng
12.00-12.30 Musik
12.30-15.30 Lomba Dongeng
15.30-16.00 Musik
16.00-18.00 Lomba Fashion Show
18.00-19.00 Musik
19.00-22.00 Pentas Wayang Wahyu
Selasa/ 9 November 2010 09.00-12.00 Wisata Buku
09.00-12.00 Lomba Baca Puisi
12.00-13.00 Musik
13.00-16.00 Work shop
16.00-18.00 Workshop
18.00-19.00 Musik
19.00-21.00 Closing & Apresiasi Pemenang Lomba



Lay Out Gedung

No Ukuran No Stand harga
1 3 x 3 1,2,40,41 Rp 3.800.000
2 3 x 3 10,11,12,13,14,15,32,33 Rp 3.300.000
3 3 x 3 4,5,6,7,8,9,16,17,18,19,20,21,26,27,28,29,30,31,34,35,36,37,38 Rp 3.000.000
4 3 x 3 23,24 Rp 4.200.000
5 3 x 3 3,22,25,39 Rp 3.300.000
6 2 x 3 43,44,45,46,47,48,49,50 Rp 2.200.000
7 2 x 3 42,51,52 Rp 2.400.000








FASILITAS PESERTA

Stand Pesta Dalam Gedung
1. Stand Partisi standar ukuran 3 x 3 m (kanan, kiri dan belakang)
2. Karpet dalam stand
3. Meja 1 buah
4. Kursi 2 buah
5. Rak buku
6. Nomor dan nama stand
7. Lampu TL
8. MCB 1 buah dan aliran listrik 2 A(440 watt)
9. Co card peserta
10. Kaos peserta 2 buah

Stand Pesta Luar Gedung
1. Stand Partisi standar ukuran 3 x 3 m (kanan, kiri dan belakang)
2. Meja 1 buah
3. Kursi 2 buah
4. Lampu








MEDIA PROMOSI DAN PUBLIKASI

A. Poster
Spesifikasi
Ukuran : 53 x 38 cm /A2
Bahan : Kertas Art paper 100 gr
Cetak : 2000-5000 lembar
R. Sponsor : 3 x 2 cm ( Media bawah)
6 x 4 ( Media atas)
Distribusi : Lokasi Startegis
Purwokerto
Penyebaran : 2 Minggu sebelum hari H Harga :
Sponsor bersama : Rp. 500.000,-
10 sponsor
Sponsor Individu : Rp. 1.000.000,-
4 sponsor

B. Flyer dan Gift
Spesifikasi
Ukuran : 11 x 22 cm (Flyer)
Bahan : Kertas Art Paper 100 gr
Cetak : 21.000 lbr (Flyer)
Ruang sponsor : 3 x 2 cm (Flyer)
Distribusi : Perempatan dan Sekolah Lokasi Strategis Purwokerto
Penyebaran : 2 Minggu sebelum hari H
Harga : Rp. 1.000.000,-

C. Spanduk
Spesifikasi
Ukuran : 90 cm x 6 m
Bahan : Kain tetron
Cetak : 30 buah, Sablon Full
Color Ruang Sponsor
Individual Spanduk : 90 cm x 100 cm
Spanduk Bersama : 45 cm x 50 cm
Distribusi : titik-titik strategis
Purwokerto dan Arena Pesta
Lama pemasangan : 2 Minggu sebelum hariH
Harga : Rp. 450.000,-/logo/bh.

D. Media Elektronik
Spesifikasi
Jumlah : 10 Radio & 1 TV di Purwokerto
Bentuk : Spot Iklan, Talkshow
Waktu : 1 Minggu sebelum hari

E. Rontek
Spesifikasi
Ukuran : 1 m x 1,5 m
Bahan : Kain tetron
Cetak : Sablon Full Color
Jumlah : 150 buah
R. Sponsor : 40x30cm (MediaBawah) 60x40cm (Media Atas)
Distribusi : Traffic Light jalan
utama dan daerah strategis Purwokerto
Lama Pemasangan : 1 Minggu sebelum hari H
Harga :
Sponsor bersama : Rp. 500.000,-
10 sponsor
Sponsor Individu : Rp. 1.000.000,-
6 sponsor
F. Baliho
Spesifikasi
Ukuran : 6 m x 4 m
Bahan : Triplek Print Outdor
Cetak : 2 buah (spot)
R. Sponsor : 25 x 120 cm (6 sponsor)
Distribusi : Kampus dan Area Pesta
Lama pemasangan : 2 Minggu sebelum hari H
Harga : Rp. 2.000.000,-/ logo

G. Stiker Mobil
Spesifikasi
Ukuran : 10 cm x 30 cm
Bahan : Kertas Stiker
Cetak : Sparasi 4 warna
Jumlah : 200 buah
Ruang Sponsor : 4 cm x 16 cm
Distribusi : Kendaraan peserta, Pengunjung, Taxi,
Lama pemasangan : 2 Minggu sebelum
hari H dan selama Pesta
Harga : Rp. 500.000,-/1000 lbr

H. Media Cetak
Spesifikasi
Jumlah : Media surat kabar
Bentuk :
Waktu : 2Hari sebelum hari H,
dan selama hari H

I. Kaos
Spesifikasi
Ukuran : All Size
Bahan : Cotton
Cetak : 150 kaos
Ruang Sponsor : Lengan kiri, dada kiri,
punggung
Distribusi : Peserta, panitia, tenaga
paruh waktu, tenaga lapangan
Harga : Rp. 1.000.000,-
(untuk 4 sponsor)

J. Neon Box Pesta
Spesifikasi
Ukuran : 80 cm x 1,5 m
Bahan : Fiberglass
Media pasang : 4 Space
R. Sponsor : Neon Box
Harga : Rp. 2.000.000,-/space



K. Umbul-umbul
Spesifikasi
Ukuran : 90 cm x 500 cm
Bahan : Tetron
Ruang Sponsor :
90 x 1 m (Umbul-umbul individual)
45 cm x 50 cm (Umbul-umbul bersama)
Jumlah : 5 buah
Harga : Rp. 150.000 /5 umbul- umbul


PENUTUP
Demikian proposal pesta ini kami buat. Besar harapan kami semua puhak yang terkait dapat mendukung kegiatan ini secara optimal, sehingga menjadikan pesta buku ini sukses dan dapat merangkul semua pihak.

KEPANITIAAN
Penasehat : Lilik Pracoyo (Pustaka Media), Ketua Panitia : Antonius Vendhy, Sekretaris : Monica Adya P, Bendahara : Atiek Maria WN, Sponsorship : Kristiadji Raharjo, Acara : Vincentia Ananda AP, Gilang Harry R, Pesta : Oktavian Dani E, Perlengkapan : Yanu Ariwibowo.


PENDAFTARAN PESERTA
1. Pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 27 Septembar - 23 Oktober 2010
Peserta wajib mengembalikan formulir pendaftaran secara lengkap dan dikembalikan via faks ke :
SAHABAT PUSTAKA PRODUCTION
Jl. Ahmad Yani No. 20 Purwokerto
Telp. (0281) 631830
Email : sahabat.pustaka.pwt@gmail.com
Kontak : Kristiadji Raharjo (081317221971) atau Antonius Vendhy ( 085740181212)
2. Kepesertaan dianggap sah setelah melakukan pembayaran stand sesuai dengan ketentuan panitia penyelenggara.
3. Hak penetapan, persetujuan dan perubahan stand sepenuhnya diatur oleh panitia penyelenggara.
4. Peserta tidak diperkenankan menjual, menyewakan atau mengalihkan stand yang sudah disewa kepada pihak lain.
5. Apabila produk stand yang dipamerkan tidak sesui dengan yang telah ditetapkan panitia penyelenggara, maka kepesertaan dapat dibatalkan.

SYARAT PENDAFTARAN PESERTA

1. Bagi peserta yang telah mendapatkan lokasi stand, diwajibkan membayar uang muka minimum 30% dari total harga stand selambat-lambatnya 5 hari setelah kontrak ditandatangani.
2. Jika setelah batas waktu pembayaran belum dilaksanakan, panitia berhak mengalihkan atau memberikan stand yang telah dipilih kepada pihak lain.
3. Pembayaran kedua (pelunasan 70%), dilakukan paling lambat tanggal 23 Oktober 2010
4. Apabila sampai tanggal tersebut pelunasan biaya stand belum dilakukan, maka kepesertaannya dinyatakan batal dan uang muka stand tidak dapat dikembalikan.
5. Pembayaran berupa transfer, tunai, cheque yang telah ditandatangani oleh yang berhak dan ditujukan kepada :

BANK BCA PURWOREJO No.Rek. 2350277741
a/n FX. PRACOYO
BANK MANDIRI No.Rek. 139-00-1011934-9
a/n Antonius Vendhy Kurniawan Sumarsono

6. Apabila ada penolakan kliring cheque yang telah dibayarkan kepada panitia penyelenggara, maka kepesertaannya akan ditinjau kembali.
7. Pembayaran fasilitas tambahan, langsung dilaksanakan pada saat
permohonan diajukan.

PEMBATALAN KEPESERTAAN

1. Pembatalan dilakukan secara tertulis lengkap dengan alasannya.
2. Pembatalan yang dilakukan sebelum pelunasan stand, maka uang muka stand tidak dapat dikembalikan.
3. Pembatalan setelah pelunasan stand, maka seluruh biaya sewa stand tidak dapat diminta kembali oleh peserta.

PEMBATALAN OLEH PANITIA

Pembatalan yang dilakukan oleh panitia penyelenggara dan bukan karena permintaan peserta, maka seluruh biaya sewa stand yang telah dibayarkan oleh peserta akan dikembalikan secara penuh, kecuali jika terjadi pelanggaran kepesertaan.

Force Majeure
Dalam keadaan force majeure antara lain yang disebabkan oleh hal-hal yang dapat mempengaruhi maupun mengakibatkan tertundanya pelaksanaan pesta ,seperti : bencana
alam, pemogokan, huru-hara serta hal lain di luar kemampuan panitia penyelenggara, dalam hal ini semua pihak tidak berhak atas ganti rugi.


PERSYARATAN LAIN

1. Pengaman Peserta
Meskipun penyelenggara telah mempersiapkam petugas keamanan namun kepada seluruh peserta pesta harus tetap berpartisipasi dalam keamanan serta menciptakan situasi nyaman di stand masing-masing. Oleh karena itu panitia penyelenggara berhak melarang peserta untuk memamerkan produk atau buku yang telah bertentangan dengan norma agama serta undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia.

2. Sound System dan Audio Visual
Peserta pesta yang menggunakan peralatan sound system dan audio visual lainnya, tidak diperbolehkan mengganggu ketenangan suasana pesta bagi peserta lain maupun pengunjung pesta.


SANKSI DAN PENUTUP
1. Pelanggaran dan perusakan atas sarana dan prasarana di dalam area pesta akan dikenakan sanksi dan pembebanan biaya pengganti atau perbaikan.
2. Apabila peserta melanggar ketentuan yang telah ditetapkan, maka panitia berhak berhak mencabut hak kepesertaannya.
3. Hal-hal yang belum diatur dalam proposal ini akan diatur dalam ketentuan tersendiri.

PAKET SPONSOR
Paket Penjorangan Harga Paket
Kontra prestasi Semua Materi Promo dan Neon Box Logo Utama Rp 8.500.000

Paket Mendoan
Kontra prestasi Semua Materi Promo Kecuali Neon Box Logo Utama Rp 6.500.000

Paket Dage
Kontra prestasi Semua Materi Promo Kecuali Neon Box dan Kaos Logo Utama Rp 5.500.000
Sponsor Utama
Kontra prestasi Semua Materi Promo, Free Stan 4x4, Materi promo Neon Box dan Welcome Gate Logo Utama Rp 17.000.000
PESTA BUKU DAN FESTIVAL BUDAYA BANYUMAS 2010
FORMULIR PENDAFTARAN PARTISIPASI ACARA
Gedung Paschalis Hall Purwokerto, 3 – 9 November 2010

Penerbit : .... ........................................................................................................
Contact Person : .... ........................................................................................................
Alamat Penerbit : ... .........................................................................................................
Telp./HP/Fax : .... .........................................................................................................
Partisipasi Acara : ( )
Tema/Judul Buku : 1. .....................................................................................................
2. .....................................................................................................
3. .....................................................................................................

Hari/ Tanggal Acara : 1. .....................................................................................................
2. .....................................................................................................
3. .....................................................................................................

Waktu Acara : 1. .....................................................................................................
2. .....................................................................................................
3. .....................................................................................................

Pembicara/Narasumber : 1. .....................................................................................................
2. .....................................................................................................
3. .....................................................................................................

Moderator : ......... ....................................................................................................
Acara Pendukung : (Bagi-bagi doorprize/marcendise.buku/lain-lain)*
Lain-lain sebutkan .... ........................................................................
*coret yang tidak perlu

Purwokerto, ........................................ 2010
Panitia Peserta




(..............................) (................................)

PESTA BUKU DAN FESTIVAL BUDAYA BANYUMAS 2010
Gedung Paschalis Hall Purwokerto, 3 – 9 November 2010

FORMULIR PESERTA

Setelah mempelajari PERATURAN KEPESERTAAN dalam PESTA BUKU DAN FESTIVAL BUDAYA BANYUMAS 2010, dengan ini kami bertindak untuk dan atas nama perusahaan/instansi dengan nama dan alamat di bawah ini menyatakan menyetujui ketentuan-ketentuan tersebut dan ikut berpartisipasi sebagai peserta dengan data sebagai berikut :

Nama Perusahaan : ... .........................................................................................................
Pimpinan Perusahaan : .... ........................................................................................................
Alamat : .... ........................................................................................................
.... ........................................................................................................
Telp./Fax : .... ........................................................................................................
Penanggung Jawab : .... ........................................................................................................
Contanct Person : .... ........................................................................................................
Homepage & Email : .... ........................................................................................................
Nomor Stan : .... ........................................................................................................
Harga : .... ........................................................................................................
Pembayaran Stan : .... ........................................................................................................
DP 50 % : Rp. .............................................. Tanggal .......................................
Pelunasan : Rp. .............................................. Tanggal .......................................
Catatan :
Pembayaran via BANK BCA PURWOKERTO No.Rek. 2350277741 a/n FX. PRACOYO
Dengan menandatangani formulir ini maka kedua belah Pihak Terikat Kontrak

............................................. 2010
Hormat kami,

........................................................
(Nama,TTD,Stempel, Materai)