Rabu, 27 Oktober 2010

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2010

PENGUMUMAN
Nomor : BII/I-a/Kp.00.3/15774/2010

TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA
TAHUN 2010
Kementerian Agama Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dengan ketentuan dan persyaratan sebagai berikut :

I. CARA MENDAFTAR

1. Pendaftaran CPNS dilaksanakan berdasarkan domisili KTP setempat untuk pelamar pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN), Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN), Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN), dan Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN), kecuali pelamar pada Unit Eselon I Pusat, Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
2. Pengumuman dan pendaftaran CPNS di lingkungan Kementerian Agama secara on-line melalui internet/website dengan alamat www.kemenag.go.id dengan subdomain cpns.kemenag.go.id.
3. Bagi pelamar yang kesulitan menggunakan aplikasi internet/website dapat melakukan pendaftaran/registrasi yang ditujukan langsung kepada panitia pengadaan CPNS masing-masing melalui kantor pos tanpa melampirkan print out entry data pendaftaran.
4. Lamaran ditulis oleh tangan sendiri dengan tinta hitam dan ditandatangani oleh pelamar disertai dengan:
1. Print out entry data pendaftar;
2. Foto copy sah ijazah yang telah dilegalisir sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan;
3. Pas photo ukuran 4 x 6 cm sebanyak dua lembar;
4. Foto copy KTP yang masih berlaku.
5. Surat lamaran dikirim melalui jasa pos, ditujukan kepada panitia Panitia Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil CPNS Pusat/Panitia Pengadaan CPNS Unit Eselon I/Panitia Pengadaan CPNS Daerah dan stempel pos terakhir tanggal 3 November 2010;
6. Pelamar wajib melampirkan amplop balasan yang telah ditempel perangko kilat dengan menuliskan nama dan alamat serta kode pos, bagi pelamar yang tidak melampirkan amplop balasan dinyatakan gugur sebagai peserta.
7. Pada amplop lamaran agar dicantumkan satuan kerja yang dituju dan pekerjaan yang dilamar pada sudut kiri atas contoh terlampir.
8. Lamaran dibuat menurut contoh terlampir. (Download dokumen)

II. PERSYARATAN UMUM

1. Warga Negara Indonesia;
2. Berusia serendah-rendahnya 18 Tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun (pada tanggal 1 Januari 2011).
3. Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 Tahun sampai dengan 40 Tahun agar melampirkan bukti wiyata bakti sampai dengan tanggal 1 Januari 2011 minimal 13 Tahun 9 bulan secara terus menerus dan tidak terputus pada instansi pemerintah atau yayasan yang berbadan hukum;
4. Bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang belum terakreditasi sebelum berlakunya Keputusan Mendiknas Nomor 184/U/2001 tanggal 23 November 2001 harus sudah disahkan oleh Kopertis /Kopertais;
5. Bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri atau Lembaga Pendidikan Luar Negeri, harus melampirkan Surat Keputusan Penetapan dan Penyetaraan hasil penilaian ijazah lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dari Ditjen Pendidikan Tinggi /Ditjen Pendidikan Agama Islam;
6. Foto copy ijazah Universitas /Institut dilegalisir oleh Rektor, Dekan atau Pembantu Dekan Bidang Akademik, sedangkan foto copy ijazah Sekolah Tinggi dilegalisir Ketua atau Pembantu Ketua Bidang Akademik;
7. Tanggal penetapan ijazah harus sebelum tanggal pelamaran, sedangkan surat keterangan atau pernyataan lulus tidak diperkenankan;
8. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap;
9. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil /PegawaiSwasta;
10. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri /Pegawai Negeri;
11. Bersedia ditempatkan di seluruh Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;
12. Tidak menjadi anggota /pengurus PARPOL;
13. Bersedia memenuhi peraturan /ketentuan yang berlaku dalam lingkungan Kementerian Agama.

III. WAKTU PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran pelamar melalui website/internet tanggal 25 Oktober 2010 sampai dengan tanggal 3 November 2010.
IV. KETENTUAN LAIN

1. Penerimaan pendaftaran dilaksanakan pada unit kerja sebagai berikut :

1. Sekretariat Jenderal
2. Inspektorat Jenderal
3. Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah
4. Ditjen Pendidikan Islam
5. Ditjen Bimas Islam
6. Ditjen Bimas Kristen
7. Ditjen Bimas Katolik
8. Ditjen Bimas Hindu
9. Ditjen Bimas Buddha
10. Badan Litbang dan Diklat
11. Kanwil Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia
12. Universitas Islam Negeri (UIN) seluruh Indonesia
13. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) seluruh Indonesia
14. Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar
15. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) seluruh Indonesia
16. Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN)
17. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN)
18. Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN)

Jakarta, 22 Oktober 2010

PANITIA PENGADAAN CPNS
KEMENTERIAN AGAMA RI

K E T U A,



..............................................

BADAN PUSAT STATISTIK PENGUMUMAN NOMOR: 02310.345 SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN PUSAT STATISTIK TAHUN ANGGARAN 2010

Jadwal : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Jadwal.pdf
Formasi : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/00%20Pusat.pdf
Alamat : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Alamat.pdf
Formulir : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Formdaftar.pdf
Surat Pernyataan : http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Super.pdf
Wilayah : http://www.bps.go.id/aboutus.php?cpns=1
Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Nomor 281 Tahun 2010 tanggal 11 Oktober 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil
Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun Anggaran 2010, BPS membuka kesempatan bagi Warga
Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di
lingkungan BPS dengan ketentuan sebagai berikut:
I. PERSYARATAN UMUM:
1. Warga Negara Republik Indonesia.
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang
telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana
kejahatan.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak
dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional
Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai
pegawai swasta.
6. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara
Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara.
7. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
8. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari
Kepolisian setempat.
9. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikannnya (jenjang dan jurusan) yang sesuai
dengan lowongan formasi jabatan.
10. Sehat jasmani dan rohani serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika,
psikotropika, dan zat adiktif lainnya yang dinyatakan dengan Surat Keterangan oleh
Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
2
II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Pada tanggal 1 Desember 2010, berusia minimal 19 tahun dan maksimal:
• 25 tahun untuk lulusan SMA
• 30 tahun untuk lulusan D-III, dan
• 35 tahun untuk lulusan S1
2. Waktu melamar telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi
Swasta yang terakreditasi A atau B. Apabila dalam ijazah tersebut tidak disebutkan
akreditasi maka perlu dilampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi bersangkutan
yang menyebutkan akreditasinya.
3. Untuk lulusan D-III dan S-1, batas minimal IPK: 2,50 dari skala 4,00 dan untuk lulusan
SMA/SMU Jurusan IPA batas minimal nilai rata-rata ijazah/STTB adalah 6,50 serta
memiliki sertifikat kursus komputer.
4. Bersedia ditempatkan di wilayah provinsi tempat mendaftar.
5. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh
lima juta) rupiah, apabila:
a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi
mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5
(lima) tahun.
III. KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIBUTUHKAN BERDASARKAN LOKASI
MENDAFTAR:
1. BPS Pusat :
(dapat dilihat pada lampiran 1)
2. BPS Provinsi:
(dapat dilihat pada lampiran 2)
IV. WAKTU, TEMPAT DAN CARA MELAMAR
1. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010 dan Waktu
Penyampaian Lamaran
a. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010
(dapat dilihat pada lampiran 3)
b. Waktu Penyampaian Lamaran:
Tanggal 25 Oktober s.d. 5 November 2010 (Cap Pos)
3
2. Alamat Pengiriman Lamaran
a. Untuk pelamar di BPS Pusat, berkas lamaran disampaikan melalui Pos ditujukan
kepada Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010. Pada sudut kiri atas amplop ditulis:
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Nama dan kode jabatan
Dengan alamat lengkap sebagai berikut :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala Biro Kepegawaian Badan Pusat Statistik
Kotak Pos 1003 Jakarta 10710
b. Untuk pelamar di BPS Provinsi, berkas lamaran dapat disampaikan melalui pos
ke alamat BPS Provinsi masing-masing di Seluruh Indonesia, kecuali BPS
Provinsi DKI Jakarta (alamat terlampir pada lampiran 4). Tempat ujian sesuai
dengan alamat pengiriman berkas lamaran.
Bagi Pelamar yang menyampaikan lamaran ke BPS Provinsi ditujukan :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala BPS Provinsi ...............................
Jln ...............................
di
...........................................
Pada sudut kiri atas amplop ditulis:
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Nama dan kode jabatan
dan untuk pelamar jabatan KSK dan Statistisi agar mencantumkan pula kode
pilihan penempatan
contoh
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Jabatan : KSK (16)
Kode Pilihan : 01
c. Khusus bagi pelamar di Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, NTT, Papua
dan Papua Barat, selain ke BPS Provinsi, berkas lamaran dapat pula
disampaikan melalui pos ke alamat BPS kabupaten seperti tersebut di bawah ini
(Tempat ujian sesuai dengan alamat pengiriman berkas lamaran) :
4
No. Provinsi Alternatif Tempat
Pendaftaran
Alamat
1 2 3 4
1 Sumatera Utara BPS Kab. Nias Jln. Ampera No.3 Desa Mudik,
Gunung Sitoli 22813
Tlp. (0639) 323341
2 Kep. Riau BPS Kab. Natuna Jln. Pramuka No. 41 Batu Hitam
Ranai, Natuna 29783
Tlp. (0773) 31370
3 NTT BPS Kab. Ende Jln. Eltari Ende 86318
Tlp. (0381) 21335
4 Maluku BPS Kab. Kep. Aru Jln. Rabia Djala Dobo
Tlp. (0917) 21606
5
Papua BPS Kab. Jayawijaya Jln. Diponegoro No. 25, Wamena,
Papua 99511
Tlp. (0969)31253
6 Papua Barat BPS Kab. Sorong Jln. Basuki Rahmat km. 13,5,
Klasaman, Sorong
Telp. (0951) 321072
Bagi Pelamar yang menyampaikan lamaran ke BPS Kabupaten/Kota tersebut di
atas, lamaran ditujukan :
Kepada Yth.
Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010
u.p. Kepala BPS Kabupaten ...............................
Jln ...............................
di
...........................................
3. Cara Melamar:
a. Setiap pelamar harus menyebutkan dalam surat lamarannya formasi jabatan
yang dilamar, misalnya : “Koordinator Statistik Kecamatan (KSK)”, “Sekretaris”,
“Auditor” dll beserta kode jabatan pada lampiran 1 dan 2 kolom (6).
b. Untuk jabatan KSK dan Statistisi, diminta mencatumkan kode pilihan lokasi
penempatan kerja sebagaimana tercantum pada lampiran 1 dan 2 kolom (7).
c. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh
pelamar dengan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (enam ribu rupiah) yang ditujukan
kepada:
Yth. Kepala Badan Pusat Statistik
Dengan dilampiri:
• Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
• Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir;
5
• Fotocopy Ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir oleh pejabat yang
berwenang;
• Pasfoto terbaru berwarna dengan latar belakang biru ukuran 3 X 4 sebanyak 4
lembar;
• Kartu Tanda Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja (Kartu Kuning);
• Formullir Pendaftaran yang telah diisi sebagaimana terlampir pada lampiran 5
• Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) sebagaimana
contoh pada lampiran 6
V. TAHAP PENYARINGAN
1. Saringan Tahap I
Saringan Tahap I berupa seleksi administrasi. Pengumuman hasil seleksi administrasi
serta waktu dan tempat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) akan
diumumkan pada tanggal 12 November 2010 :
�� Bagi pelamar di BPS Pusat dapat dilihat melalui Website BPS;
�� Bagi pelamar di BPS Provinsi dapat dilihat di BPS tempat melamar.
2. Saringan Tahap II
Saringan Tahap II berupa ujian tulis akan dilaksanakan pada hari Minggu Tanggal
21 November 2010 di BPS Pusat/(masing-masing tempat melamar) dan/atau tempat
lainnya yang disediakan panitia, dengan jadwal sebagai berikut:
No. Materi Waktu Setempat
1. Tes Kompetensi Dasar (Pengetahuan Umum, Bakat
Skolastik dan Skala Kematangan) 08.00 –10.00
2. Test Kompetensi Bidang 10.00 – 11.30
Peserta harus membawa perlengkapan ujian sebagai berikut:
�� Pensil 2B (asli)
�� Penghapus karet
�� Peruncing pensil (rautan)
�� Papan Alas Menulis
�� Ballpoint tinta hitam.
Hasil seleksi tahap II akan diumumkan pada tanggal 30 November 2010
3. Saringan Tahap III
Wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 10 Desember 2010
4. Pengumuman
Hasil seleksi CPNS akan diiumumkan pada tanggal 21 Desember 2010 melalui
website BPS ( www.bps.go.id.)
VI. LAIN-LAIN
1. Panitia penerimaan berhak menyatakan seseorang calon tidak diterima/
dibatalkan/digugurkan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil walaupun telah lulus ujian,
6
apabila di kemudian hari diketahui bahwa, terdapat persyaratan pada klausul di atas
yang ternyata tidak benar/tidak sah.
2. Diingatkan bagi yang tidak memenuhi persyaratan untuk tidak melamar.
3. Bagi yang telah mengirim lamaran sebelum pengumuman ini dibuat, dinyatakan tidak
berlaku (agar mengirimkan lamaran ulang).
4. Proses seleksi ini tidak dipungut biaya. Biaya yang dikeluarkan oleh peserta ujian dalam
rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian saringan menjadi tanggungan pelamar.
5. Berkas pelamar yang masuk ke panitia menjadi arsip Badan Pusat Statistik dan tidak
dapat diminta kembali oleh pelamar.
6. Selain surat lamaran, dalam hubungan dengan penerimaan CPNS, pihak peserta tidak
diperkenankan melakukan surat menyurat.
7. Keputusan panitia penerimaan CPSN BPS Tahun Anggaran 2010 bersifat mutlak dan
tidak dapat diganggugugat
8. Apabila dalam penyelenggaraan seleksi ditemukan pelanggaran, agar segera
dilaporkan, disertai dengan bukti-bukti otentik yang dapat dipertanggungjawabkan baik
secara yuridis maupun administratif kepada Badan Pusat Statistik melalui telepon (021)
3810291-4, 3842508, 3841195 Ext. 2310-2 (Fax) (021) 3863817, atau melalui telepon
BPS di seluruh Indonesia.
9. Formasi KSK diprioritaskan untuk pelamar laki-laki.
10. Panitia tidak memungut biaya apa pun selama proses penerimaan pegawai ini
berlangsung. Bagi yang pelamar yang lulus namun terbukti memberikan sesuatu kepada
Panitia CPNS BPS Tahun 2010, dalam rangka mempermudah kelulusan, akan diberikan
sanksi berupa pembatalan kelulusan tersebut.
Jakarta, 18 Oktober 2010
PERHATIAN !
Diingatkan kepada para pelamar agar berhati-hati terhadap oknum yang menjanjikan
kelulusan dengan imbalan sejumlah uang.
Bila anda menemukan oknum tersebut, harap menghubungi panitia penerimaan CPNS BPS Tahun
2010 baik melalui surat atau telepon ke No. 021 3810291-6 Ext 2300 atau 2310

Senin, 04 Oktober 2010

PENGUMUMAN PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI TAHUN 2010

PENGUMUMAN
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI
TAHUN 2010

I. PERSYARATAN UMUM :

1. Warga Negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik.
6. Bersedia ditempatkan di DKI Jakarta.
7. Memenuhi jenjang pendidikan dan kualifikasi pendidikan yang ditetapkan.

II. PERSYARATAN KHUSUS :

1. Berijazah Diploma/Sarjana Muda (D III), Sarjana (S1), dan Magister (S2) sesuai formasi yang ditetapkan (terlampir).
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum:
* DIII : 2,70 (PT. Negeri) – 3,00 (PT. Swasta)
* S1 : 2,80 (PT. Negeri) – 3,00 (PT. Swasta)
* S2 : 3,10 (PT. Negeri) – 3,30 (PT. Swasta)
3. Batasan Usia Maksimum:
* D III : 25 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 (lahir setelah 30 November 1985)
* S1 : 28 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 (lahir setelah 30 November 1982)
* S2 : 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2010 (lahir setelah 30 November 1975)

III. PENDAFTARAN

1. Pendaftaran/registrasi online mulai dibuka tanggal 1 Oktober 2010 .dan ditutup pada tanggal 18 Oktober 2010 jam 17.00 WIB, melalui situs http://sdm.ristek.go.id/cpns.
2. Pelamar yang telah memiliki ID dan Password wajib melakukan pengisian LAMARAN. Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pelamar. Untuk mengurangi kesalahan, pelamar dihimbau untuk mempersiapkan seluruh data dan dokumen pendukung yang diperlukan. Dalam proses verifikasi, Panitia tidak dapat melakukan perubahan pada isian Anda. Ketidaksesuaian antara isian dengan berkas lamaran yang diunggah akan berakibat pada gagalnya lamaran.

Data yang harus disiapkan :

* Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
* Nomor Ijasah pendidikan terakhir dan Tahun Kelulusan.
* Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pendidikan terakhir.
* Pasfoto berwarna digital background merah berukuran maksimal 15 kb.
* Hasil scan ijazah pendidikan terakhir berukuran maksimal 100kb.
* Hasil scan transkrip nilai pendidikan terakhir berukuran maksimal 100kb.
* Alamat email aktif yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. (Informasi khusus akan disampaikan melalui email)
* Untuk pelamar lulusan dari luar negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Akreditasi dari Dikti Kemdiknas.

3. Pengumuman Seleksi Administrasi dan pemanggilan Pelamar yang dinyatakan lulus untuk mengikuti Tes Tulis akan dimumkan melalui website http://sdm.ristek.go.id/cpns.

IV. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI

1. Seleksi Administrasi

Pada seleksi admisnistrasi akan dilakukan pemeringkatan untuk menentukan pelamar yang dipanggil untuk mengikuti ujian tulis sampai sebanyak lebih kurang 15 kali jumlah formasi. Sehingga tidak semua pelamar dengan IPK diatas IPK minimum akan dipanggil untuk mengikuti ujian tulis.

1.1. Hanya Pelamar yang telah melakukan registrasi online dan memenuhi seluruh persyaratan untuk melamar/persyaratan pendaftaran, yang akan dinyatakan lulus dalam tahapan Seleksi Administrasi. Hasil Seleksi Administrasi dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 21 Oktober 2010 melalui situs http://sdm.ristek.go.id/cpns.
1.2. Pelamar yang telah dinyatakan lulus tahapan Seleksi Administrasi diwajibkan untuk mengambil sendiri Kartu Tanda Peserta Ujian dengan menunjukkan kartu identitas diri, Legalisir sah Ijazah dan Transkrip Nilai sesuai Bidang Pendidikan yang dilamar. Apabila Pelamar mewakilkan pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian kepada pihak ketiga, maka diperlukan Surat Kuasa bermaterai dengan menunjukkan kartu identitas diri Pelamar dan Penerima Kuasa, serta menyertakan fotokopi kartu identitas dimaksud.
1.3. Jadwal dan Tempat Pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian akan diumumkan melalui situs http://sdm.ristek.go.id/cpns.

2. Tes Tertulis (Bahan Ujian sudah terangkum lengkap dalam PAKET LKIT)

Tes Tertulis terdiri dari :

A. Tes Kompetensi Dasar (TKD) (Silakan pelajari Paket LKIT)

Tes Pengetahuan Umum (TPU)
Tes Bakat Skolastik (TBS)
Tes Skala Kematangan (TSK)

B. Tes Kompetensi Bidang (TKB) (Silakan pelajari Paket LKIT)

Hanya Pelamar yang dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi yang akan dipanggil untuk mengikuti Tes Tertulis.

Tes Tertulis dijadwalkan akan dilaksanakan pada:
Hari : Selasa, 26 Oktober 2010
Waktu : Pkl. 08.30 – 13.00 WIB
Tempat : Istora– Senayan

Peralatan yang harus dibawa :
· Kartu Tanda Peserta Ujian
· Pensil 2 B
· Penghapus Pensil
· Papan Alas Untuk Menulis

3. Tes Minat dan Bakat (Talent mapping)

Tes minat dan bakat akan diadakan sebelum tes wawancara, dan setiap pelamar yang dinyatakan lulus tes tertulis (perbandingan formasi jabatan yang ditawarkan terhadap jumlah yang lulus yakni 1:3) diwajibkan mengikutinya. Adapun jadwal dan tempat pelaksanaan akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil ujian tertulis melaluiwebsite http://sdm.ristek.go.id/cpns

Peralatan yang harus dibawa :
· Kartu Tanda Peserta Ujian
· Pensil 2 B
· Penghapus Pensil
· Papan Alas Untuk Menulis

4. Wawancara

Wawancara merupakan tahap terakhir dari seleksi. Hanya Pelamar yang dinyatakan Lulus Tes Tertulis dan mengikuti tes talent mapping yang akan dipanggil untuk mengikuti Wawancara.

Catatan :

1. Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari pelamar.
2. Lamaran yang diajukan sebelum pengumuman ini dibuat dinyatakan tidak berlaku.
3. Pelamar yang tidak menyampaikan surat lamaran beserta kelengkapannya, setelah dinyatakan lulus ujian CPNS sampai dengan batas waktu yang ditentukan, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri dan dinyatakan batal. Kementerian Riset dan Teknologi akan memanggil Pelamar yang menempati peringkat selanjutnya untuk Formasi jabatan tersebut.
4. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS dilingkungan Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Riset dan Teknologi berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS dilingkungan Kementerian Riset dan Teknologi dan melaporkan sebagai tindak pidana di Pengadilan Negeri, karena telahmemberikan keterangan palsu.
5. Biaya transportasi & akomodasi selama seleksi ditanggung peserta dan antara Panitia dan pelamar tidak diadakan surat menyurat.
6. Informasi resmi yang terkait dengan Penerimaan CPNS KRT 2010 hanya dapat dilihat dalam situs http://sdm.ristek.go.id/cpns/atau http://www.ristek.go.id.
7. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Hal-hal lain yang belum diatur akan ditetapkan dan diumumkan kemudian. Pelamar wajib tunduk dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan.

Jakarta, September 2010

ttd.

PANITIA PENERIMAAN CPNS KRT
Tahun 2010

Info Lain:

* FORMASI JABATAN
* Registrasi Online

PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEMENTERIAN KEHUTANAN FORMASI TAHUN 2010

P E N G U M U M A N
NOMOR : PG. 13 /Peg-1/2010
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN KEHUTANAN FORMASI TAHUN 2010

Kementerian Kehutanan membuka kesempatan kepada para lulusan Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Diploma III, Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) untuk diangkat menjadi calon tenaga fungsional serta tenaga teknis lainnya di lingkungan Kementerian Kehutanan dengan ketentuan sebagai berikut :

I. Kualifikasi Pendidikan yang dibutuhkan :
a. - SKMA Kementerian Kehutanan.
- SMK jurusan : Kehutanan, Elektro, Perikanan-Kelautan, Pertanian-Perkebunan.
b. Diploma III (D.III) : Kehutanan, Kearsipan, Sekretaris, Perpustakaan,
Manajemen/Teknik Informatika, Kimia, Hukum, Geografi,
Ekonomi Akuntansi, Biologi, Administrasi Perkantoran dan
Administrasi Negara.
c. Sarjana (S1) : Kehutanan, Statistik-Matematika, Sosiologi, Sosial Politik,
Silvikultur, Sastra Inggris, Peternakan, Pertanian (Agronomi),
Pertanian (Sosial Ekonomi), Pertanian (Proteksi Tanaman),
Pertanian (Ilmu Tanah), Pertanian (Hama Penyakit),
Perpustakaan, Mikrobiologi, Manajemen/Teknik Informatika,
Manajemen Sumber Daya Perairan/Perikanan, Komputer, Kimia,
Kelautan, Kedokteran Hewan, Kearsipan, Ilmu Lingkungan, Ilmu
Komunikasi, Hukum, Hidrologi, Geografi, Geodesi, Fisiologi
Tanaman, Ekonomi Perbankan, Ekonomi Manajemen, Ekonomi
Akuntansi, Design Grafis, Biologi, Entomologi, Biokimia,
Administrasi Negara.
d. Pascasarjana (S2) : Kehutanan, Kebijakan Publik, GIS

II. Ketentuan Pendaftaran :
a. Pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat website
http://www.ropeg.dephut.go.id pada tanggal 5 sampai dengan 12 Oktober 2010
dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB.

PT. Sinar Timur

We are, PT. Sinar Timur a footwear company is located in Balaraja, Tangerang and making premium class for sport footwear looking for smart, dynamic candidates for :

INDUSTRIAL ENGINEERING STAFF (IE Staff) – 3 positions
With requirement :
- Male/Female, max 30 years old
- Bachelor degree with major in Industrial Engineering
- Fluent in English and having ability to presentation in English
- Computer Literate in MS Office is a must
- Familiar with statistical software such as Minitab is a preferred
- Experience with AUTO CAD software is a plus
- Have Strong Analytical Skill and confident
- Having Knowledge in Lean Manufacturing System
- Having a minimum 1 year experience in same field.

PT. Cahaya Abadi Jaya

Vacancy at PT. Cahaya Abadi Jaya
Description: PT. Cahaya Abadi Jaya is engaged in manufacturing and distributor of products of iron and mild steel frame, has experienced more than 15 years, was in need of professionals for the position:

Address: Jl. Pangeran Jayakarta No.151 Jakarta Pusat 10730
Phone: 0213909123


Vacancy for:
1. Warehouse Supervisor
2. Production Operator
3. Call Center

Work Location: Jakarta

Requirements:
1. Warehouse Supervisor

Psikologi Perkembangan Anak

Prinsip Dasar.

Pada dasarnya setiap anak memiliki keunikan. Setiap anak memiliki perbedaan latar belakang, pola asuh, tahap perkembangan, karakteristik kepribadian serta cara pemenuhan kebutuhannya. Oleh karena itu GSM perlu belajar melakukan pendekatan yang berbeda-beda sesuai dengan keunikan masing-masing anak.

Kebutuhan Dasar.

Secara umum setiap anak membutuhkan cinta kasih, penghargaan pribadi, pemenuhan kebutuhan fisik, pelatihan disiplin dan kesempatan untuk mengembangkan berbagai aspek kehidupannya.

Menurut Alfred Adler, manusia pada dasarnya adalah pembuat keputusan yang aktif serta memiliki tujuan individual. Tujuan individual inilah yang menentukan prilakunya. Ada 3 tujuan yang mendasari perilaku seseorang yaitu kebutuhan untuk memiliki, untuk diterima dan untuk berkontribusi. Motivasi dasar ini berkaitan dengan situasi sosial dimana seseorang hidup.
Sedangkan Erikson mengemukakan tahapan perkembangan sosial sesuai usia seseorang. Seorang bayi (<1,5thn) mengembangkan kepercayaan terhadap orang lain dan lingkungannya. Masa bayi merupakan masa awal interaksi seseorang terhadap dunia di sekitarnya. Ia akan merasa aman bila orang-orang disekitarnya dipercayainya. Berikutnya adalah masa seorang anak berusia 1,5 - 3 thn. Pada masa ini seorang anak mengembangkan otonomi dan kemandirian. Mereka ingin melakukan sesuatu sendiri meskipun kemampuannya belum memadai. Selanjutnya adalah masa prasekolah yaitu anak usia 3 - 5 tahun. Pada usia ini anak mengembangkan kebebasan berinisiatif. Tahap berikutnya adalah usia sekolah (6-11 tahun) dimana anak butuh untuk diterima oleh kelompok sebayanya. Sedangkan pada masa remaja, seseorang mencari identitas diri. Pertanyaan yang muncul pada masa ini adalah "Siapakah saya?", "Saya akan menjadi apa nanti ?".

Keberhasilan untuk memenuhi kebutuhan memiliki, diterima dan berkontribusi serta mengembangkan kepercayaan, otonomi dan kebebasan berinisiatif membuat anak berkembang menjadi pribadi yang sehat serta memiliki konsep diri yang positif. Hal ini sangat penting bagi perkembangan kepribadian dan gaya hidup seorang anak selanjutnya. Seringkali kenakalan anak berhubungan dengan pemenuhan kebutuhannya. Hal tesebut biasanya tidak disadari oleh anak tersebut. Sesungguhnya perilaku anak biasanya merupakan cara atau upaya untuk memenuhi kebutuhannya baik dengan cara positif maupun negatif. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami kebutuhan anak.

Halaman selanjutnya...

10 TEKNOLOGI MASA DEPAN

Manusia akan segera memasuki masa depan.
Teknologi bergerak sedemikian cepatnya sehingga dalam waktu tidak lama lagi seluruh dunia akan berubah besar-besaran. Teknologi-teknologi baru yang sedang dikembangkan benar-benar revolusioner, hal-hal yang nyaris tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh para ilmuwan dan hanya ada dalam khayalan-khayalan manusia.

Di suatu hari nanti, manusia mungkin bisa hidup ratusan tahun tanpa mengenal penyakit, memiliki kecerdasan yang genius, dan pergi bertamasya ke luar angkasa.

Ini adalah beberapa teknologi revolusioner yang diperkirakan akan merubah seluruh dunia :
1. Mesin-mesin Cerdas Seukuran Atom, Nanoteknologi
2. Zaman Manusia-manusia Super, Rekayasa Genetika
3. Energi terdahsyat di Alam Semesta, Fusi Nuklir
4. Regenerasi Wolverine, Stem Cell
5. Komputer Kuantum
6. Baju Menghilang Harry Potter, Metamaterial
7. Space Elevator, Tangga Menuju Bintang-bintang
8. Scramjet
9. Hidup Ratusan Tahun, Resveratrol.
10. Penyatuan Manusia dan Mesin, Singularitas.

1. Mesin-mesin Cerdas Seukuran Atom, Nanoteknologi

“Coal and diamonds, sand and computer chips, cancer and healthy tissue: throughout history, variations in the arrangement of atoms have distinguished the cheap from the cherished, the diseased from the healthy. Arranged one way, atoms make up soil, air, and water. Arranged another, they make up ripe strawberries. Arranged one way, they make up homes and fresh air; arranged another, they make up ash and smoke”.
Eric Drexler, Engines of Creation

Nanoteknologi adalah segala teknologi masa depan yang memungkinan manusia memanipulasi partikel-partikel super kecil yang besarnya nyaris seukuran atom! Nanometer sendiri adalah ukuran 1/semilyar meter, atau nyaris ketebalan rambut dibelah 50.000. Itulah kedahsyatan teknologi nano.

Tujuannya adalah menciptakan material-material baru masa depan, bahkan mesin-mesin dan robot-robot seukuran partikel. Material-material itu akan bisa lebih kuat dari intan, super ringan, tahan panas dan dingin dengan skala yang ekstrim, mampu menghantarkan listrik lebih baik, lebih tahan lama, ramah lingkungan dan seterusnya.

Kemungkinan aplikasinya benar-benar dahsyat dan akan merubah seluruh dunia. Bayangkan bila kita bisa menciptakan berbagai material baru yang lebih keras dari intan, dan jauh lebih ringan dari baja. (Carbon nanotubes, sp2 bond). Kita bisa menciptakan kerangka super kuat untuk mobil, pesawat terbang, atau bangunan dan jembatan. Dengan bobotnya yang lebih ringan, semua mobil dan pesawat juga akan lebih hemat energi.

Kita bisa menciptakan baju anti kusut dan tahan noda. Kita juga bisa menciptakan robot berukuran bakteria, nanobots, dan memasukanya ke dalam tubuh manusia. Fungsinya bisa dari menyembuhkan penyakit, menghancurkan sel-sel kanker, bahkan memperkuat tubuh manusia (Feynman, ”Swallowing the Doctor”). Nanobots ataupun nanoparticles bahkan nantinya diperkirakan juga akan bisa kembali menutup lubang ozon.

Dengan komponen seukuran nano, kita bisa membuat supercomputer sebesar kotak korek api, dan media penyimpanan data yang menyimpan jutaan gigabyte informasi tentang umat manusia dan seluruh alam semesta, sebesar seujung kuku.

Bagaimana teknologi ini bisa dilakukan? Karena mikroskop super-canggih yang dapat melihat atom sudah ada sejak 1981, Scanning Tunneling Microscope (STM), dan Atomic Force Microscope (AFM, 1986).

2. Era Manusia-manusia Super, Rekayasa Genetika


“Human genetic engineering has the potential to change human beings' appearance, adaptability, intelligence, character, and behaviour. It may potentially be used in creating more dramatic changes in humans”.
Wikipedia Genetic Engineering.

Manusia telah berhasil memetakan gennya dalam proyek raksasa “The Human Genome Project”. Dengan data ini manusia mempunyai peta informasi untuk mengeksplorasi fungsi dan potensi dari tiap gen dalam tubuh manusia. Mulai dari gen yang menentukan bentuk fisik manusia, gen penyebab kanker, gen yang membentuk ingatan, gen yang menciptakan kecerdasan, bahkan gen khusus yang mengatur proses penuaan.

Ini nantinya akan memungkinkan dilakukannya rekayasa genetika untuk menciptakan manusia-manusia masa depan yang sangat unggul. Manusia dengan kesehatan sempurna, terbebas dari penyakit, berumur lebih dari 100 tahun dan mempunyai kecerdasan mendekati genius.

Bayangkan bila manusia menemukan gen spesial yang membuat Einstein menjadi genius. Lalu gen itu bisa ditransfer ke seluruh umat manusia. Atau keunggulan fisik David Beckham, atau bahkan kharisma John F. Kennedy.

Tapi rekayasa genetika tidak hanya untuk manusia, tapi juga bisa untuk tumbuhan dan hewan ternak. Rekayasa genetika bisa menciptakan padi dan gandum jenis baru dengan hasil panen yang berkali-kali lipat. Kita juga bisa menciptakan daging sapi yang lebih empuk dan gurih. Kita bahkan juga bisa menciptakan tanaman dan hewan konsumsi dengan nilai gizi yang unggul.


3. Energi Terdahsyat di seluruh Alam Semesta, The Power of the Stars

“What would fusion mean? Endless, cheap energy. Amazing Star Trek, space travel possibilities. Fame, fortune, and undoubtedly a Nobel or two for the lucky scientist”.

The Observer, Desember 2000

Matahari, setiap detiknya, mengeluarkan energi sebesar seluruh energi yang digunakan seluruh umat manusia sepanjang sejarahnya. Energi plasma hidrogen raksasa sebesar 380 Milyar-milyar Mega-Watt (380^26 MW), per detiknya. Inilah energi yang dikenal sebagai energi Fusi Nuklir (Nuclear Fusion), The power of the Sun. Dan para ilmuwan dunia sedang berusaha mendapatkannya.

Dan ini adalah energi yang membuat bintang-bintang raksasa di alam semesta terbakar selama milyaran tahun. Energi terdahsyat, di seluruh alam semesta.

Sebuah percobaan besar sedang dilakukan di kota kecil Cadarache di ujung selatan Perancis dalam sebuah proyek bernama ITER. Disini atom Deuterium dan Tritium dilebur dengan panas mencapai 150 juta derajat Celcius, nyaris 10 kali panas inti Matahari. Wadah peleburannya dilindungi oleh medan magnet Tokamak sehingga tidak meleleh.

Hebatnya adalah bahwa Deuterium bisa dihasilkan dari air laut biasa, dan Tritium dibentuk dari Lithium yang bisa didapat dari batu alam. Energi terdahsyat di seluruh alam semesta dari Air dan Batu alam.

Kalau para ilmuwan ini berhasil menciptakannya, maka seluruh dunia akan mempunyai sumber energi baru yang dahsyat menggantikan minyak bumi. Energi ini akan begitu besar dan efisien, tidak terbatas, sangat murah, serta ramah lingkungan.

(Note : penggunaan nanoteknologi dalam sel photovoltaic tenaga surya, nanocrystal, juga dikatakan memiliki potensi energi super besar yang mampu menggantikan minyak bumi).

4. Regenerasi Wolverine, Stem Cell

Bayangkan bila penyakit jantung dan diabetes bisa disembuhkan secara sempurna, orang lumpuh bisa berjalan, dan orang buta, bisa melihat kembali.

Anda pernah melihat seekor cecak, yang bisa menumbuhkan kembali ekornya yang putus dengan sempurna? Atau jika anda penggemar komik ”X-Men”, anda pasti tahu tokoh superhero bernama Wolverine. Saat tubuhnya tertusuk pisau atau tertembus peluru, dia dapat menyembuhkan lukanya dengan nyaris seketika. Ia dapat meregenerasi seluruh sel-sel tubuhnya dengan sempurna, secara instan.

Tapi itu cuma khayalan. Ada sejenis cacing bernama “planarian worm”, yang banyak hidup di laut maupun sungai, yang mampu menumbuhkan ulang bahkan nyaris seluruh tubuhnya.

Planaria, terutama spesies Schmidtea mediterranea, mampu meregenerasi utuh tubuhnya, bahkan bila tinggal sepotong kecil saja tubuhnya yang tersisa, sampai 1/300 bagian. Dan bila kepalanya dihilangkanpun, dia akan menumbuhkan kembali kepalanya dengan sempurna.

Bagaimana jika manusia bisa melakukan itu nantinya? Jika kita dapat secara langsung mengganti semua sel-sel tubuh kita yang rusak dengan sempurna dan tanpa cacat. Para ilmuwan telah nyaris mencapai keajaiban itu. Teknologi biologi molekular bernama Stem Cell, atau Sel Induk. Ini adalah sel paling dasar dari tubuh manusia, yang bisa berubah, atau dirubah, menjadi sel atau organ apapun di tubuh manusia.

Bila anda memiliki penyakit jantung, maka sel jantung itu bisa diganti dengan stem sel dan jantung anda akan berfungsi normal kembali. Bila anda mengalami kebutaan, sel retina anda bisa diganti dengan sel baru dari sel induk dan anda akan bisa melihat kembali.

Jika anda menderita penyakit yang berhubungan dengan fungsi otak seperti stroke, alzheimer atau parkinson, maka sel otak anda yang rusak, bahkan jaringan pusat otak cerebral cortex, bisa diganti dengan stem cell. Dan kalau anda menderita diabetes, maka stem cell akan menyelamatkan anda dengan meregenerasi sel pankreas penghasil hormon insulin.

Stem Cell benar-benar membawa revolusi besar dalam kesehatan umat manusia.

5. Komputer Kuantum


Bayangkan sebuah komputer masa depan, yang kecepatannya ribuan kali lebih cepat dari supercomputer tercepat sekarang. Ribuan kali lebih cepat dan efisien dari IBM ”Roadrunner” di Los Alamos yang kecepatannya mencapai 1.7 petaflops (1 petaflop = 10^15 operasi per detik).

Inilah kedahsyatan komputer kuantum. Komputer ini begitu dahsyat karena diciptakan memakai fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement.

Dalam pemecahan kode misalnya (kriptografi), untuk memecahkan kode yang digitnya sampai 140, komputer biasa akan memerlukan waktu milyaran tahun untuk memecahkannya. Tapi dengan komputer kuantum, ini bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja.

Dengan komputer ini manusia juga akan bisa memprediksikan cuaca di bumi dan gejala-gejala alam lain yang sangat kompleks dengan sangat akurat berbulan-bulan sebelumnya, seperti gempa bumi dan tornado. Dan tentu saja ini akan makin merevolusikan lagi kecepatan pengembangan seluruh teknologi canggih yang ada sekarang.

6. Jubah Menghilang Harry Potter, Metamaterial

“The announcement last November of an "invisibility shield," created by David R. Smith of Duke University and colleagues, inevitably set the media buzzing with talk of H. G. Wells's invisible man and Star Trek's Romulans”.
MIT Technology Review

Hanya beberapa tahun yang lalu, seluruh ilmuwan ternama dunia masih yakin bahwa tidak ada satupun material di dunia ini yang bisa membuat manusia menghilang. Itu benar-benar tidak mungkin, karena itu melanggar semua hukum alam yang diketahui manusia. Tapi mereka semua salah..

Metamaterial, menjadi salahsatu bahan yang ramai dibicarakan. Bahan ini bisa membuat sesuatu, menjadi tidak terlihat. Sebuah baju yang menggunakan teknologi ini bisa membuat pemakainya ”menghilang”, seperti jubah ajaib dalam ”Harry Potter”.

Sebuah pesawat tempur dengan bahan metamaterial akan jadi tidak terlihat, bukan sekedar tidak terlihat radar seperti teknologi ”Stealth”, tapi benar-benar tidak terlihat mata seperti alat cloaking device dalam Star Trek.

Ini bisa dilakukan misalnya dengan menciptakan material artifisial yang mampu membelokkan radiasi elektromagnetik, demikian pula dengan cahaya, yang pada dasarnya adalah radiasi elektromagnetik. Bahannya bisa seperti timah dan plastik yang diatur dalam struktur pola tertentu.

Metamaterial akan membelokkan cahaya, mengelilingi obyek yang diselimutinya dan berkumpul kembali di ujungnya, seperti air sungai mengelilingi sebuah batu. Dalam penelitian terakhir di Perdue University mereka menggunakan jarum-jarum khusus yang akan membelokkan cahaya melampaui obyek yang diselubungi sementara obyek di belakangnya akan terlihat.

Material ini sedang diteliti di seluruh dunia termasuk di MIT, University of California Berkeley, Duke University, dan Caltech di LA.

7. Space Elevator, Tangga Menuju Bintang-bintang

Space elevator atau Tangga Luar angkasa adalah seperti lift yang sangat tinggi dari bumi menuju ke orbit bumi di luar angkasa, 35.000 kilometer tingginya. Dengan lift ini perjalanan ke orbit bumi akan menjadi lebih mudah, dan murah.

Banyak orang berharap, bahwa program ruang angkasa yang tadinya berhenti sampai di bulan karena sangat mahal, akan bisa dimulai lagi. Dan mungkin impian manusia untuk pergi ke Mars, akan terwujud.

Lift ini awalnya hanya berupa khayalan, tapi ternyata dengan ditemukannya sebuah teknologi baru, hal ini menjadi sangat memungkinkan diwujudkan. Teknologi itu adalah Carbon nanotube, material baru yang dikatakan lebih kuat dari intan dan lebih ringan dari baja.

Hal ini nantinya akan memungkinkan dimulainya era baru dalam penjelahajan ruang angkasa.

8. Memasuki Era Hiper-Sonik, Scramjet

Scramjet akan menjadi salahsatu revolusi terbesar dalam sejarah transportasi dunia. Pesawat tempur tercanggih di dunia sekarang, F/A-22 Raptor milik Amerika berkecepatan maksimal Mach 2, atau 2 kali kecepatan suara. Pesawat penumpang Scramjet, akan membawa anda terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara, Mach 10.

Penerbangan dari New York ke Tokyo yang sekarang ditempuh dalam waktu 18 jam yang panjang dan melelahkan, akan ditempuh Scramjet, hanya dalam 120 menit.

Scramjet tidak perlu memakai bahan bakar roket biasa yang mahal dan berat, bahan bakarnya menggunakan hidrogen cair yang dicampur penyedotan oksigen langsung dari atmosfer (air-breathing scramjet engine). Pembakaran hidrogen dan oksigen pada kecepatan supersonik inilah yang akan mengakselerasikan kecepatannya.

Ini akan membuat penerbangan dari satu tempat ke tempat lain di seluruh dunia menjadi super cepat.

9. Fountain Of Youth, Resveratrol

Mungkin, nantinya kita bisa menemukan sesuatu yang memungkinkan kita hidup ratusan tahun. Tapi para ilmuwan mungkin telah menemukannya, sesuatu yang dinamakan “Sirtuin”, Silent Information Regulator 2 (Sir2) proteins dan resveratrol, zat antioxidan yang ternyata banyak ditemukan dalam buah anggur merah (Jadi sering-seringlah makan buah anggur.)

Tapi para ilmuwan juga telah menciptakan sesuatu yang bahkan lebih kuat dari resveratrol yaitu sebuah obat dengan kode, SRT1720.

“SRT1720 is a thousand times more potent than resveratrol, meaning that it could be taken in smaller doses. A person would have to drink hundreds of glasses of wine to get the same health benefits from resveratrol. Resveratrol will pretty soon look like ancient technology,"
David Sinclair, a biologist at Harvard Medical School

10. Singularitas.


Suatu hari nanti, akan datang suatu masa dimana melalui rekayasa genetika seluruh manusia akan mempunyai fisik dan kecerdasan yang nyaris sempurna.

Lalu dengan kemajuan teknologi komputer, komputer kuantum dan nanoteknologi memungkinkan manusia memasukkan Quantum Computer berukuran partikel ke dalam otaknya dan menggunakan partikel-partikel nano untuk makin memperkuat tubuhnya. Ini adalah hal yang dinamakan Singularitas. Penyatuan antara biologi manusia dengan teknologi.

KONSEP DASAR PERKEMBANGAN ANAK.

Pengertian Psikologi Perkembangan Anak.

Perkembangan dapat diartikan sebagai “perubahan yang progesif dan kontinyu dalam diri individu dari mulai lahir sampai mati ”. Pengertian lain dari perkembangan adalah “perubahan yang dialami individu atau organisme yang menuju tingkat kedewasannya ataau kematangannya yang berlangsung secara sistematis, progesif, dan berkesinambungan baik yang menyangkut fisik maupun psikis.

Teori-Teori Perkembangan Anak.

1. Pendekatan Perkembangan Kognitif

Bahwa kemampuaan kognitif merupakan suatu yang fundemental yang membimbing tingkah laku anak. Ada tiga model perkembangan kognitif ini, yaitu: Pertama Model dari Pieget yang berpendapat bahwa perkembangan manusia dapat digambarkan dalam konsep fungsi dan sturuktur. Kedua Model Perosesan Informasi merumuskan bahwa kognitif manusia sebagai suatau sistem yang terdiri atas tiga bagian (1) Input (2) Proses (3) Output. Ketiga Model Kognisi Sosial dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang lingkungan sosial dan hubungan interpersonal.

2. Pendekatan Belajar Atau Lingkungan.

Bahwa tingkah laku anak diperoleh melalui pengkondisian dan prinsip-prinsip belajar. Ada empat tipe dalam pengkondisian dalam kegiatan belajar (a) Habituasi yaitu bentuk belajar sederhana yang melibatkan tingkah laku responden dan terjadi ketika respon refleks menghilang karena memperolehnya stimulus yang sama secara berulaang. (b) Respondent Konditioning merupakan salah ssatu bentuk belajar yang netral melibatkan refleks dimana stimulus memperoleh kekuatan untuk mendapatkan kekuatan untuk mendapatkan respon reflektif sebagai hasil sosialisasi dengan stimulus tak bersyarat. (c) Operant Conditioning bentuk belajar tingkah laku operan berubah karena dipengaruhi dampak tingkah laku tersebut.

3. Pendekatan Etilogi

Merupakan studi perkembangan dari perspektif evolisioner yang didasarkan oada prinsip-prinsip evolusi yang diajukan pertama kalinya oleh Charles Darwin. Konsep ini merujuk pada asal-usul biologis tingkah laku sossial. Lornz dan Tinberger mengidentifikasikan empat karakteristik tingkah laku bawaan yaitu: (a) Universal (b) Steoritip (c) bukan hasil belajar (d) sangat minim sekali dipengaruhi lingkungan.

4. Pendekatan Imam Al-Ghazali.

Berpendapat bahwa anak dilahirkan dengan membawa fitrah yang seimbang dan sehat, kedua orang tuanyalah yang memberikan agama kepada mereka. Demikian pulalah anak dapat terpengaruh oleh sifat-sifat buruk yang dipelajri dari lingkungan yang dihidupinya, corak hidup yang memberikan peranan kepadanya dari kebiasaan yang dilakukannya.

Ciri-ciri Perkembangan Anak.

Ciri-ciri perkembangan secara umum dari tanda-tanda fisik yaitu: perubahan tinggi dan berat badan serta orgaan-organ tubuh lainnya, tubuh anak berubah sesuai dengan fase perkembangannya, lenyapnya kelenjar thynus (kelenjar anak-anaak yaang terletak pada bagian dada,kelenjar pinael pada bagian bawah rambut halus dan gigi susu, dan pergantian karakteristik seks pada usia remaja baik primer maupun sekunder. Sedangkan pekembaangan pssikisnya yaitu dengan adanya taanda-tanda semakin bertambahnya perbendaharaan kata-kata dan kematangan kemampuan berpikir, mengingat serta imajinasi kreatifnya dari yang fantasi kerealitas, lenyapnya masa mengoceh berkembanganya rasa ingin tahu terutama yang berhubungan dengan seks, ilmu pengetahuan, nilai-nilai moral, dan keyakinan beragama.

Prinsip-Prinsip Perkembanagan Anak.

1. Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti (Never Ending Process).Perkembangan berlangsung secara terus-menerus sejak masa konsepsi sampai mencapai kematangan atau masa tua.

2. Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi. Setiap asfek perkembangan individu, baik fisik, emosi, intelegensi, maupun sosial ssaling mempengaruhi.

3. Pekembangan itu mengikuti pola atau arah tertentu. Yang merupakan hasil perkembangan dari tahp sebelumnya yang merupakan syarat bagi perkembangan selanjutnya.

4. Perkembangan yang terjadi paada tempo yang berlainan. Perkembnagn fisik dan mental mencapai kematangan dalam waktu dan tempo yang berbeda.

5. Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas.

6. Setiap individu yang normal akan mengalami tahapan/fase perkembangan. Yang berarti bahwa dalam menjalani hidupnya yang normal dan berusia panjang individu akan mengalami fase-fase perkembangan dari bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa, dan masa tua.

Pembinaan Potensi Anak Diluar Intelegensi

Pembinaan Potensi Anak Diluar Intelegensi

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati, agar kamu bersyukur” (QS. An Nahl [16]:78)

Pengembangan sikap-sikap sejak dini kepada anak menghasilkan “kebiasaan-kebiasaan” baik dalam diri anak. Kebiasaan menyebabkan anak secara “spontan” menghadapi satu situasi hidup selalu berpegangan kepada norma perilaku yang dianuti. Menghadapi sesama yang terkena musibah selalu siap membantu; menghadapi kemungkinan meraup uang atas cara yang curang, anak tersebut akan berusaha tetap jujur dan tidak curang karena merasa bertanggung jawab kepada Allah SWT.

Sikap-sikap ini pada umumnya dikembangkan melalui mata pelajaran yang bermuatan paham dan nilainilailuhur kemanusiaan. Mata pelajaran itu adalah pendidikan Agama, budi pekerti, dahulu PMP, PPKn dan sejenisnya. Pertanyaannya adalah mengapa melalui sekian banyak jam pendidikan agama di SD (dua jam per pekan artinya minimal 80 jam per tahun, atau 480 jam selama jenjang SD) dan dilanjutkan pada jenjang-jenjang berikutnya, pendidikan Agama tidak atau kurang memberikan hasil yang diinginkan? Mengapa warga bangsa yang mengikuti sekian puluh bahkan sekian ratus jam PMP tidak nampak lebih adil secara sosial, lebih beradab secara manusia, dan lain-lain?

Relevansi ditentukan oleh bermanfaat tidaknya bekal hidup yang diberikan. Sampai saat ini kalangan guru dan pendidik masih menganuti paham tradisional. Anak yang membawa harapan adalah anak yang dinilai cerdas, dalam arti memiliki kemampuan intelektual tinggi (=ber-IQ tinggi). Penelitian longitudinal yang dibuat kalangan Harvard memberikan bukti-bukti yang meyakinkan bahwa keberhasilan di dalam hidup bukan ditentukan oleh tingginya IQ. Ada faktor lain yang lebih berpengaruh. Satu dari faktor lain itu adalah kecerdasan emosional. Kemudian ditemukan lagi beberapa “kecerdasan” lain, yang turut menentukan keberhasilan seseorang didalam kehidupan yang konkret. Apabila sekolah-sekolah ingin relevan, artinya ingin memberikan bekal hidup bagi peserta didik, maka temuan diatas harus mengubah titik berat pendidikan dan dunia persekolahan kita. Kita tetap meningkatkan kemampuan intelektual, akan tetapi kita tidak boleh berat sebelah. Peningkatan kemampuan emosional dan kemampuan-kemampuan lain harus mendapat porsi yang seimbang. Sekarang digunakan satu skala nilai untuk “mengukur” kadar intelektual murid, padahal untuk mengukur kemampuan emosi dan lain-lain tidak ada alatnya. Di dalam raport dituliskan nilai berdasarkan daya serap (intelek!) murid. Untuk “kecerdasan” lain, yang sebenarnya lebih menentukan keberhasilan murid di dalam kehidupan, hanya ada catatan tentang kelakuan. Dalam kolom kelakuan pada umumnya ditulis dengan gampang “baik”, tanpa skala nilai yang sedikit lebih akurat. Memang dunia pendidikan kita masih mendewakan kemampuan intelektual. Demi relevansi pendidikan, hal ini harus diubah. Sekolah harus memberikan perhatian serius dan meluangkan waktu dan jam pelajaran untuk mengembangkan kemampuan emosional dan sosial, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi, kemampuan bekerja sama dalam kelompok,dan lain-lain.

Pembinaan potensi-potensi diluar inteligensi harus dijadwalkan baik di dalam jam pelajaran, maupun melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang mengembangkan kemampuan berkomunikasi, berinteraksi, berprakarsa dan bekerjasama dalam kelompok dan lain-lain.

Bekal hidup yang penting tetapi kurang diperhatikan disekolah-sekolah adalah sikap-sikap hidup yang membentuk watak seseorang. Sikap sederhana, jujur, terbuka, penuh toleransi, rela berkomunikasi dan berinteraksi, ramah-tamah dan bersahabat, siap bahu-membahu didalam pergaulan sehari-hari, cinta yang ikhlas kepada sesama, khususnya yang kurang “beruntung”, tidak hanya mementingkan diri sendiri, cinta tanah air tanpa terkungkung dalam chauvenisme yang sempit dan lain-lain, merupakan sikap-sikap yang menjadi permata-permata dalam kepribadian seseorang.

Kognisi dapat diartikan sebagai kegiatan berpikir; mencari, mengelola sampai menggunakan pengetahuan. Anak yang sedang memfungsikan kognisinya akan memulai dari mengamati sesuatu, selanjutnya dicerna dan kemudian dipikirkan. Afeksi merupakan perasaan yang dimiliki anak terhadap sesuatu. Seperti perasaan senang dan sedih, suka dan tidak suka, baik dan buruk, termasuk sikap dan akhlak.

Psikomotor berhubungan dengan fisik, misalnya gerakan-gerakan tubuh. Anak yang memiliki psikomotor yang baik dapat melakukan gerakan-gerakan fisik dengan seimbang, terarah dan gerakan tersebut memiliki tujuan yang baik.

Usaha meningkatkan kecerdasan anak harus meliputi seluruh ranah pribadi anak, yaitu ranah kognisi, afeksi dan psikomotor. Hal ini dilakukan bertujuan agar anak memperoleh keseimbangan dalam dirinya. Ketika anak cerdas namun juga memiliki kejujuran, tanggungjawab kedisiplinan serta memiliki kekuatan tubuh (fisik) yang baik.

Setiap ranah yang ada dalam diri anak dapat ditingkatkan dengan cara yang berbeda-beda. Untuk meningkatkan kemampuan kognisi anak, orang tua perlu memberi makanan berupa ilmu pengetahuan, berita dari berbagai media, buku-buku bacaan, alat permainan yang merangsang kreatifitas (seperti permainan pasir, balok kreatif, kartu imajinatif, dan sebagainya). Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan Afeksi anak, orang tua bisa memberikan makanan berupa kasih sayang, perhatian, motivasi, ucapan-ucapan bijak dan lembut yang disampaikan pada anak. Dan untuk meningkatkan kemampuan Psikomotor anak, makanannya berupa asupan gizi 4 sehat 5 sempurna, olah raga dan aktivitas gerakan fisik yang cukup.

Saat ini kita bisa dikatakan tak perlu kawatir dengan pemenuhan peningkatan kemampuan kognisi dan psikomotor anak. Di sekolah anak cukup memperoleh rangsangan untuk meningkatkan pengetahuan mereka melalui mata pelajaran yang diberikan. Demikian juga kegiatan olah raga yang rutin disekolah ataupun perhatian kita terhadap gizi anak akan memenuhi kebutuhan peningkatan kemampuan psikomotor anak. Walau demikian bukan berarti di rumah kita tidak perlu lagi memberikan pengetahuan atau perhatian terhadap perkembangan fisik.

Namun yang sangat perlu diperhatikan pada saat ini adalah sentuhan afeksi pada anak-anak kita. Anak yang memiliki afeksi yang kuat berarti memiliki kepekaan atau perasaan yang kuat, ia memahami perasaan apa yang sedang ia rasakan, dan mampu memahami perasaan orang lain. Ketika ia kesal karena dijahili temannya, maka reaksi yang muncul adalah kekesalan bukan amarah atau sampai mendendam. Dan seketika itu pula ia tahu bagaimana menyikapi dirinya ketika ia sedang kesal, agar jangan sampai kekesalannya itu menyakiti temannya tadi. Misalnya dengan kekesalannya itu, ia tidak lantas marah-marah atau sampai memukul temannya, tetapi ia akan dengan lapang dada mengatakan pada temannya ”Saya ga suka, kalau kamu jahilin saya!”.

Afeksi yang baik dalam diri anak juga tercermin dalam kekuatan spiritual anak. Anak yang taat pada kedua ibu bapaknya, mampu menyayangi anak yatim, mengasihi fakir miskin, mampu berserah diri pada Allah, serta taat dalam ibadah menunjukkan kecerdasan afeksi yang dimiliki anak. Karena semua aktivitas tersebut hanya dimiki oleh anak yang peka dan kuat perasaannya.

Rasulullah SAW telah memberikan contoh bagaimana mengembangkan afeksi anak, yaitu dengan memberi ciuman pada anak-anak sebagai wujud rasa sayang Beliau. Dengan demikian aktivitas mencium, membelai, memeluk anak perlu diberikan orang tua kepada anak sehari-hari. Selain itu orang tua juga bisa mengembangkan afeksi anak melalui pemberian motivasi dan keteladanan. Misalnya dengan senantiasa memberikan dorongan anak untuk berbuat baik, mendorong anak untuk memiliki akhlak terpuji maupun mendorong anak untuk senantiasa berdoa dan berserah diri pada Allah SWT.

Melalui keteladanan, afeksi anak juga dapat dikembangkan. Misalnya orang tua mudah memaafkan dan meminta maaf pada anaknya, tentu hal ini akan dicontoh anak. Lainnya, seperti memberi keteladanan dalam bentuk bersabar ketika mengingatkan anak yang lalai, lembut dalam tutur kata, jujur dalam berbicara, bertanggung jawab atas apa yang dipilih atau dilakukan. Semua hal tersebut akan mengembangkan afeksi anak.

Hal lain yang bisa dilakukan, bisa sesekali waktu mengajak anak rihlah (jalan-jalan) ketempat yang pemandangannya indah, seperti pegunungan, sungai, daerah pedesaan yang asri dan sebagainya. Disana, anak kita sentuh afeksinya dengan mengajak mereka merenungi ciptaan Allah yang sangat indah yang wajib disyukuri, merenungi bagaimana ketika bencana tiba-tiba terjadi maka pertolongan Allah SWT yang harus kita pinta untuk pertama kali. Demikianlah beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai orang tua untuk meningkatkan kecerdasan anak. Segala usaha tetap harus dibarengi dengan do’a, kemudian berserah diri atas usaha yang telah kita lakukan.

Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan. Melalui bermain seorang anak dapat melakukan percobaan-percobaan tanpa merasa takut gagal karena dalam kegiatan itu merekalah yang membuat peraturan. Terdapat berbagai jenis permainan yang dapat menimbulkan aktivitas menyenangkan bagi diri seseorang. Permainan eksploratif dan imajinatif merupakan jenis permainan yang mempunyai pengaruh yang besar peda perkembangan berfikir kreatif pada seorang anak. Pada permainan eksploratif, kegiatan bermain didasari keingintahuan seseorang terhadap seseorang terhadap lingkungannya yang ditandai oleh adanya penemuan-penemuan baru. Dunia anak penuh dengan pemikiran yang imajinatif. Dalam bermain imajinatif, anak mencipta dan berkhayal dengan menggunakan dirinya, permainan-permainan atau objek-objek lain yang ada disekitarnya. Bermain bagi anak adalah esensial dan mempunyai dampak luar biasa bagi keseluruhan aspek perkembangannya.

Anak-anak yang sudah sejak kecil biasa dan senang untuk bersibuk diri secara kreatif, kelak akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang kreatif. Sikap ingin tahu, suka hal-hal yang baru, meneliti dan menguji, kesenangan dan kepuasan yang dirasakan dari mencipta sesuatu sendiri, merasa tertantang untuk memecahkan masalah-masalah rumit, sikap ini akan dibawa sampai masa dewasa. Taman Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan yang pertama kali ditemui anak setelah ia mempunyai kesempatan keluar dari lingkungannya yang pertama yaitu bersama orang tuanya di dalam keluarga. Sementara itu orang tua ingin mengembangkan semaksimal. Untuk kepentingan ini, diperlukan adanya sarana pembelajaran (media) yang efektif, metode pembelajaran yang praktis dan memberi pembelajaran (orang tua atau guru) yang inovatif.

Dalam sistem pendidikan di Taman Kanak-kanak digunakan kurikulum. Sangat disayangkan belakangan ini pelaksanaan dari kurikulum Taman Kanak-kanak sangat kaku, ditambahnya lagi adanya tren bahwa Taman Kanak-kanak yang baik adalah yang memiliki kegiatan kurikuler yang padat ditambah dengan kegiatan ekstrakurikuler yang juga padat. Betul bahwa kurikulum perlu dilaksanakan dan diperkaya, namun seharusnya dilakukan dengan meletakkan anak sebagai sentral dalam pendidikan itu sendiri, agar potensi dasar mereka yaitu kreatifitas dan imajinasinya dapat berkembang dengan baik. Suatu kenyataan bahwa sampai sekarang sarana pembelajaran di Taman Kanak-kanak belum ada yang memadai dalam arti menyangkut pengembangan potensi. Kalaupun ada, sarana tersebut merupakan bagian yang terpotong-potong atau sekedar alat peraga atau berupa lembar kegiatan anak yang semuanya berbentuk parsial. Padahal, anak dalam pengembangan potensinya yang meliputi pengembangan otak kiri dan otak kanan secara seimbang memerlukan sarana yang benar-benar dirancang dan ditampilkan secara efektif.

Sedangkan dengan metode pembelajaran yang selama ini berlaku, kreatifitas anak sering diintervensi oleh para guru. Di Taman Kanak-kanak yang terutama dilatih adalah penerimaan pengetahuan, ingatan dan penalaran saja. Anak-anak pun menjadi robot. Padahal dengan kreatifitas seorang anak dapat mewujudkan dirinya, dan perwujudan diri merupakan kebutuhan pokok pada tingkat tertinggi dalam kehidupan manusia.

Selain itu, ada hal lain yang tak kalah pentingnya yang selama ini tersisihkan dari pendidikan anak, yaitu muatan keagamaan (akidah, ibadah, muamalah) yang seharusnya terintegrasi dengan muatan kurikuler. Padahal, anak adalah calon penguasa bumi (khalifatullah fil ardhi) (QS. Al Baqoroh [2]:30) Persiapan ke arah itu sudah seharusnya dilakukan sejak dini. Dengan tersisihnya pendidikan keagamaan itu, anak tidak memiliki landasan kuat dalam menghadapi perubahan dunia. Padahal Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang mengubahnya. Pengembangan potensi dasar anak sangat perlu dilandasi dengan warna dan rasa religius agar pada akhirnya dapat ditampilkan pribadi-pribadi yang berakhlak mulia serta kreatif imajinatif illahiah. Sosok pribadi yang berguna bagi dirinya maupun agama dan bangsa. Dengan demikian diperlukan adanya sarana yang mengembangkan kreatifitas dan imajinasi serta penuh dengan nuansa agama yang masih belum kita temukan secara memadai.

Model Sistem Pembelajaran Kreatif Imajinatif adalah model pembelajaran yang memberikan rangsangan secara seimbang antara otak kiri dan otak kanan sehingga potensi dasar anak terutama kreativitas dan imajinasinya dapat berkembang secara seimbang dengan memberikan sentuhansentuhan Islami pada kognisi, afeksi dan psikomotor anak. Rangsangan-rangsangan dan sentuhan tersebut disajikan dalam pembinaan akidah, ibadah dan muamalah yang disampaikan dengan cara yang mengasyikkan sehingga anak akan merasakan kenikmatan hidup beragama. Sarana yang dipersiapkan bagi Model Sistem Pembelajaran Kreatif Imajinatif di TK disusun berdasarkan Kurikulum, psikologi perkembangan anak dan konsep pembelajaran kreatif imajinatif yang diintegrasikan dengan materi agama dan kemampuan dasar anak.

Orang tua memiliki kewajiban untuk membentuk generasi pengubah peradaban. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan kreatifitas anak-anak. Berdasarkan ajaran Islam, tanggung jawab pendidikan, pembentukan kualitas, dan kepribadian anak merupakan tanggung jawab kedua orang tua.

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda :
“Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (bertauhid). Maka tergantung kepada orang tuanya, apakah akan menjadikannya Yahudi, Nasrani, ataukah Majusi”.

Ciri utama suatu keluarga tradisional dalam mendidik anak adalah berpegang teguh pada pengalaman pribadi. Membiarkan anak berkembang sendiri, tidak memberi rangsangan kognisi dan meyakini faktor keturunan paling berperan dalam pembentukan kepribadian intelegensia. Dengan pola asuh seperti ini anak umumnya tampak kurang cerdas dibanding anak-anak keluarga modern dan keluarga ambivales (modernis tradisional).

Lalu apa yang harus dilakukan orangtua agar dapat mengembangkan potensi kreatifitas anak?
Berikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi dan mengekspresikan diri. Kebebasan disini lebih pada adanya jaminan penghargaan terhadap setiap kreasi anak. Penghargaan adalah bukti adanya dukungan psikologis orangtua yang dapat menghadirkan rasa aman dalam diri anak. Adanya rasa aman membuat anak sanggup mengkontrol rasa takutnya (takut salah, takut dimarahi, takut mencoba, dsb) yang oleh para ahli disebutkan sebagai penghalang utama kreatifitas. Penerapan disiplin sejak dini pada anak bertujuan untuk melatih tanggungjawabnya, bukan untuk memandulkan kreativitasnya. Adanya rasa tanggung jawab merupakan awal pengembangan kreatifitas. Kreatifitas bukan hanya terkait dengan dinamika fisik tapi juga situasi mental. Pada tahap tertentu seorang yang kreatif biasanya energik, tapi tidak selalu demikian. Kreativitas itu dimulai dengan berimajinasi dalam rangka berpikir mencari solusi. Tidak ada orang kreatif yang tidak suka merenung. Orang tua dapat mendorong anak untuk belajar melakukan imajinasi, merangkai gagasan dan pikiran serta mengolah ide-ide.

Orangtua dapat mengelola potensi anak dengan memberinya keteladanan. Jangan biarkan anak menjumpai hal yang kontradiktif antara pernyataan verbal dan realita. Hal penting lainnya dalam pengelolaan potensi anak adalah pewadahan. Orangtua harus siap mewadai setiap bentuk kreatifitas anak dengan cara yang benar.

Dalam banyak kasus ditemui orangtua yang cerdas, kreatif namun otoriter sehingga anak tidak kreatif. Orangtua cenderung membandingkan hasil karya anak dengan kesuksesan dirinya. Anak hidup dalam bayang-bayang orangtua. Jadi pewadahan adalah kemampuan jiwa atau mentalitas orangtua untuk rajin mendengarkan, mau mengalah, mau mendukung, dan mau membiayai. Orangtua yang kreatif memiliki
peluang besar untuk melahirkan anak kreatif, karena ia menggunakan cara-cara kreatif dalam berinteraksi dengan anak. Kreatif bisa ketika sedang mengajar, memberikan makanan, menyelesaikan konflik anak, mensosialisasikan anak, bermain dengan anak dan lain-lain.

Sehubungan dengan pendidikan nilai sangat penting peran keluarga. Diatas dikatakan bahwa pendidikan nilai selalu berpangkal tolak dari pengalaman dan mengarah kepada pengamalan. Nah, tanpa mengucap banyak kata dan membeberkan seluk beluk ajaran dan teori, didalam keluarga terjadi secara spontan pengalaman-pengalaman bersama, yang menggugah bukan saja nalar, ingatan, perasaaan dan kehendak manusia. Pengalaman bersama dibagi dan dikaji serta ditafsir bersama. Paham dan nilai yang terkandung didalam pengalaman, diresapi, dihayati dan diamalkan bersama. Didalam keluarga kesabaran, sikap ramah, tenggang-rasa, dan lain-lain tidak diajarkan dengan katakata, tetapi dengan teladan, dengan pengamalan yang diperoleh dalam kehidupan kehidupan keluarga sehari-hari. Pengalaman membuka mata orang, dan pengalaman mengajak orang untuk bertindak. Dari seorang Ibu yang serba sabar, Ayah dan anak-anak belajar menghargai kesabaran dan berusaha untuk juga sabar. Dari seorang Ayah yang tegas dalam pendirian tetapi supel dalam menerapkan pendidikan, anak-anak belajar memiliki pendirian tetapi bijaksana dalam menerapkan pendidikan tersebut. Tentu saja pengalaman dan pengamalan paham dan nilai di dalam keluarga mengandaikan keluarga itu benarbenar memiliki, dan berpegang teguh kepada paham dan nilai tertentu. Kecuali itu harus ada di iklim yang serasi antara anggota keluarga. Ada saling memberi dan menerima, saling menghormati dan melayani, dan yang paling penting ada komunikasi timbal balik yang enak didalam suasana keakraban keluarga.

Sayang pola hidup keluarga-keluarga “modern” yang anggota-anggotanya memiliki kesibukkan dan pekerjaan masing-masing sering tidak menunjang iklim yang dibutuhkan untuk dapat berkomunikasi dan berinteraksi. Bila ingin memelihara suasana keakraban, dimana ada interaksi dan komunikasi, keluarga-keluarga harus bersedia menyusun jadwal, meluangkan untuk bersama-sama melakukan, menghayati, mengamalkan bahkan menikmati sesuatu. Di dalam kebersamaan paham dan nilai dipertukarkan, dihayati dan diamalkan. Karena kesibukkan, orang tua sering menyerahkan seluruh pendidikan anak ke tangan para pendidik dan pengasuh disekolah. Hal ini tidak tepat. Tugas mendidik, apalagi membina paham dan nilai menjadi sikap, kepribadian dan watak merupakan tugas orang yang sudah melahirkan anak, dengan kata lain tugas orang tua. Memang tidak semua tugas pendidikan dapat diemban dengan baik oleh orang tua. Untuk itu diciptakan lembaga-lembaga pendidikan. Akan tetapi, tidak boleh orang tua “lepas tangan” seluruhnya dalam urusan membesarkan dan mendewasakan anak. Kerja sama dengan pihak sekolah oleh lembaga pendidikan sangat baik dan dianjurkan, akan tetapi tidak boleh seluruh tugas mendidik dilimpahkan kepada sekolah/ lembaga pendidikan.

Model Pembelajaran Kreatif Imajinatif Untuk Taman Kanak-Kanak

Taman Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan yang pertama kali ditemui anak setelah ia mempunyai kesempatan keluar dari lingkungannya yang pertama yaitu bersama orang tuanya di dalam keluarga. Sementara itu orang tua ingin mengembangkan semaksimalUntuk kepentingan ini, diperlukan adanya sarana pembelajaran (media) yang efektif, metode pembelajaran (metodologi) yang praktis dan pemberi pembelajaran (orang tua atau guru) yang inovatif.

Dalam sistem pendidikan di Taman Kanak-kanak digunakan kurikulum. Sangat disayangkan belakangan ini pelaksanaan dari kurikulum Taman Kanak-kanak sangat kaku, ditambahnya lagi adanya tren bahwa Taman Kanak-kanak yang baik adalah yang memiliki kegiatan kurikuler yang padat ditambah dengan kegiatan ekstrakurikuler yang juga padat. Betul bahwa kurikulum perlu dilaksanakan dan diperkaya, namun seharus nya dilakukan dengan meletakkan anak sebagai sentral dalam pendidikan itu sendiri, agar potensi dasar mereka yaitu kreativitas dan imajinasinya dapat berkembang dengan baik.

Suatu kenyataan bahwa sampai sekarang sarana pembelajaran di Taman Kanak-kanak belum ada yang memadai dalam arti menyangkut pengembangan potensi. Kalaupun ada, sarana tersebut merupakan bagian yang terpotong-potong atau sekedar alat peraga atau berupa lembar kegiatan anak yang semuanya berbentuk parsial. Padahal, anak dalam pengembangan potensinya yang meliputi pengembangan otak kiri dan otak kanan secara seimbang memerlukan sarana yang benar-benar dirancang dan ditampilkan secara efektif.

Sedangkan dengan metode pembelajaran yang selama ini berlaku, kreativitas anak sering diintervensi oleh para guru. Di Taman Kanak-kanak yang terutama dilatih adalah penerimaan pengetahuan, ingatan dan penalaran saja. Anak-anak pun menjadi robot. Padahal dengan kreativitas seorang naka dapat mewujudkan dirinya, dan perwujudan diri merupakan kebutuhan pokok pada tingkat tertinggi dalam hidup manusia.

Selain itu, ada hal lain yang tak kalah pentingnya yang selama ini tersisihkan dari pendidikan anak, yaitu muatan keagamaan (akidah, ibadah, muamalah) yang seharusnya terintegrasi dengan muatan kurikuler. Padahal, anak adalah calon penguasa bumi (khalifatullah fi ardh). Kasi ayat al-baqarah 30. Persipan ke arah itu sudah seharusnya dilakukan sejak dini. Dengan tersisihnya pendidikan keagamaan itu, anak tidak memiliki landasan kuat dalam menghadapi perubahan dunia. Padahal Allah swt tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang mengubahnya.

Pengembangan potensi dasar anak sangat perlu dilandasi dengan warna dan rasa agama agar pada akhirnya dapat ditampilkan pribadi-pribadi yang berakhlak mulia serta kreatif imajinatif ilahiah. Sosok pribadi yang berguna bagi dirinya maupun agama dan bangsa. Dengan demikian diperlukan adanya sarana yang mengembangkan kreativitas dan imajinasi serta penuh dengan nuansa agama yang masih belum kita temukan secara memadai.

Model Sistem Pembelajaran Kreatif Imajinatif adalah model pembelajaran yang memberikan rangsangan secara seimbang antara otak kiri dan otak kanan sehingga potensi dasar anak terutama kreativitas dan imajinasinya dapat berkembang secara seimbang dengan memberikan sentuhan-sentuhan Islami pada kognisi, afeksi dan psikomotor anak. Rangsangan-rangsangan dan sentuhan tersebut disajikan dalam pembinaan akidah, ibadah dan muamalah yang disampaikan dengan cara yang mengasyikkan sehingga anak akan merasakan kenikmatan hidup beragama.

Sarana yang dipersiapkan bagi Model Sistem Pembelajaran Kreatif Imajinatif di TK disusun berdasarkan Kurikulum, psikologi perkembangan anak dan konsep pembelajaran kreatif imajinatif yang diintegrasikan dengan materi agama dan kemampuan dasar anak.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Dengan Program Paid To Review

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Dengan Program Paid To Review
Monetisasi blog atau cara menghasilkan uang dari blog bukan cuma lewat Google Adsense. Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk membangun sebuah bisnis online dari blog Anda, ada baiknya serba sedikit mengenali program-program monetisasi apa saja yang bisa Anda ikuti. Sekedar ingin berbagi, kali ini igoblog akan mengulas program-program Paid-to-Review. Jangan lewatkan jika Anda benar-benar serius ingin membangun bisnis online Anda. Melalui program ini Anda dibayar untuk menulis review, opini atau sekedar menyinggung suatu link produk yang diiklankan dalam tulisan di blog atau situs Anda.

Berikut adalah ulasan sejumlah program paid-to-review yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda tertarik, silahkan bergabung. Jangan khawatir, sama sekali tidak ada link referral saya dalam seri tulisan ini. Anda bisa buktikan dengan mengecek link, tanpa ada tulisan “Ref”.

PayPerPost
PayPerPost akan membayar tulisan di blog atau situs Anda. Tugas Anda adalah menulis review atau opini tentang suatu produk, dan jika tulisan Anda disetujui oleh PayPerPost, Anda akan dibayar untuk tulisan Anda.

Smorty
Smorty akan membayar Anda untuk menulis tentang suatu produk, layanan atau situs tertentu di blog Anda. Smorty membayar secara mingguan. Anda bebas menulis topik yang Anda sukai. Anda juga bisa memposting di beberapa blog atau situs yang Anda miliki.

Blogsvertise
Blogsvertise akan membayar Anda untuk menciptakan BUZZ. Tugas Anda adalah menyinggung suatu produk, layanan atau situs tertentu dalam tulisan diblog Anda sehingga pembaca blog atau situs Anda mengenal produk atau layanan tersebut. Blogsvertise membayar per posting tulisan Anda melalui akun PayPal.
Untuk mendaftar paypal, silahkan baca artikel tentang cara mendaftar paypal.

Review Me
Review Me akan membayar Anda untuk mereview produk atau layanan tertentu di blog atau situs Anda. Anda sendiri yang menentukan topik apa yang Anda review. Review membayar $20 hingga $200 untuk setiap review yang Anda tulis diblog atau situs Anda.

Blogitive
Blogitive memberi peluang Anda untuk menulis opini tentang produk yang baru dirilis oleh perusahaan tertentu. Anda dibayar melalui akun PayPal Anda secara mingguan untuk setiap posting tulisan yang Anda buat.

BloggerWave
BloggerWave adalah salah satu pilihan menarik untuk menghasilkan uang dengan membuat blog (secara gratis) dan menuliskan opini Anda tentang suatu topik tertentu.

InBlogAds
InBlogAds akan membayar setiap tulisan review atau opini yang ditugaskan kepada Anda. Anda bisa memilih topik yang Anda sukai.

BuyBlogReviews
BuyBlogReviews adalah situs layanan review advertising yang memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dengan cara menulis review situs atau produk klien BuyBlogReviews. Selain itu BuyBlogReviews juga memberikan program affiliasi sehingga semakin banyak referral yang bergabung dengan Anda semakin besar komisi yang Anda dapat.

BlogToProfit
BlogToProfit menghubungkan Anda dengan pemasang iklan yang ingin memanfaatkan blog Anda. Melalui BlogToProfit tugas Anda adalah “memasang” iklan di tulisan yang Anda buat. Karena menyatu dengan posting tulisan Anda, ada ruang tak terbatas untuk mendapatkan keuntungan melaluiprogram ini.

451 Press
451 Press adalah tempat yang tepat bagi Anda yang berbakat menulis. 451 Press akan membayar tulisan-tulisan berkualitas sebagai content jaringanblog 451 Press.

Digital Journal
Digital Journal akan membayar Anda untuk berbagi opini, memberi voting untuk suatu artikel tertentu, terlibat diskusi dan menulis artikel sebagai citizen journalist.

Creative Weblogging
Creative Weblogging akan membayar Anda untuk menjadi penulis lepas jaringan135 blog Creative Weblogging yang tersedia dalam 5 bahasa. Namun saat ini belum men-support bahasa Indonesia.

BlogBurner
BlogBurner memberi pilihan kepada Anda untuk menulis tentang suatu topik dan BlogBurner yang akan memasarkan tulisan Anda.

Squidoo
Squidoo akan membayar Anda untuk menulis suatu topik di blog atau situs Anda. Anda juga memiliki pilihan untuk mendonasikan pendapatan Anda secara otomatis.

About.com
About.com adalah jaringan situs penyedia solusi praktis masalah-masalah sehari-hari. Jika Anda memiliki keahlian tertentu, ingin membagikannya kepada orang lain dan suka menulis, Anda bisa menjadi penulis About.com dan mendapatkan penghasilan melalui tips-tips atau informasi yang Anda berikan.

DayTipper
DayTipper akan membayar Anda untuk menulis tips-tips orisinal, unik dan bermanfaat senilai $3 per tips.

CreamAid
CreamAid adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan sesama blogger dengan minat yang sama dan mendapatkan uang melaluinya. Yang Anda lakukan adalah memasang widget CREAMaid Conversation dalam posting Anda. Jika terpilih, tulisan Anda akan disindikasikan ke seluruh jaringan CreamAid dan Anda akan mendapatkan royalti tulisan Anda.

Helium
Helium adalah sebuah komunitas penulis yang memberi kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi penulis lepas untuk menulis topik yang Anda sukai bagi jaringan situs pemasang iklan Helium.

SponsoredReviews
SponsoredReviews adalah situs layanan review advertising yang memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dengan cara menulis review situs atau produk klien SponsoredReviews. Kelebihan SponsoredReview dibanding yang lain adalah Anda bisa menentukan sendiri nilai bidding komisi review Anda. Selain itu SponsoredReviews juga memberikanprogram affiliasi sehingga semakin banyak referral yang bergabung dengan Anda semakin besar komisi yang Anda dapat.

Mashable
Masable akan membayar penulis-penulis lepas yang berminat terhadap topik-topik situs sosial dan Web 2.0. Jika Anda menyukai topik-topik ini dan suka menulis, program ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Artikel ini bersumber dari Blogguebo.com
Incoming Keyword:



Mungkin Ini Yang Anda Cari

* Alternatif PPC Selain Google Adsense
* Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Infolinks
* Cara Membuat Google Adsense For Domain
* Bagaimana Cara Pembayaran Google Adsense?
* Cara Mendaftar Paypal
* Cara Membuat Adsense For Domain Dengan Domain Dot Co Dot CC
* Cara Panen Uang Dengan Domain Gratisan
* Tips Agar Google Adsense Di Approve
* Jasa Meningkatkan Penghasilan Google Adsense